Berapa Banyak Suara yang Didapat Prabowo Setelah UAS Nyatakan Dukungan?


SURATKABAR.ID – Prabowo Subianto diprediksi bakalan meraup limpahan suara yang sangat besar usai Ustaz Abdul Somad alias UAS menyatakan dukungannya kepada capres nomor urut 02 tersebut dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada 17 April mendatang.

Analis politik Pangi Syarwi Chanoago, seperti yang dirangkum dari laman JPNN.com pada Jumat (12/4/2019), mengungkapkan, mengulik hasil riset paling anyar yang dibuat lembaganya beberapa hari lalu, tokoh agama diklaim memiliki pengaruh besar mengatrol elektabilitas pasangan calon.

Pasalnya memang tak sedikit pemilih yang menggunakan sikap ulama sebagai acuan mereka dalam menentukan pilihan. “Posisi ulama sebagai patron politik pemilih berada di posisi kedua setelah (pertimbangan) diri sendiri, yakni 21,7 persen. Jadi pengaruhnya akan besar,” ujar Pangi, Jumat (12/4).

Apa sebenarnya yang membuat ulama menjadi dasar para pemilih dalam mempertimbangkan dan menentukan pilihan mereka? Pangi menjelaskan, hal tersebut bisa terjadi lantaran masyarakat masih mempercayai tokoh agama. Apalagi untuk dai sekelas Ustaz Bachtiar Nasir dan UAS.

“Memang tidak bisa dinafikkan (sikap ulama) ini menjadi faktor yang menentukan, menjadi dasar pertimbangan atau patron politik orang memilih setelah faktor diri sendiri. Ulama memang besar pengaruhnya,” imbuh Pangi kemudian.

Baca Juga: Lama Bungkam Karena Dilarang Jokowi, Ustaz Yusuf Mansur Buka Suara

Ketika dimintai jawaban terkait seberapa besar sikap UAS memberikan pengaruh terhadap elektoral pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Pangi menegaskan, masih dibutuhkan penelitian tersendiri untuk memperoleh angka pasti. Ia hanya memprediksi ada pengaruh sangat besar.

Pangi bahkan memperkirakan jutaan pemilih yang hingga kini masih belum juga mengambil sikap dalam surveinya, yakni tak kurang dari 7 juta orang akan melimpahkan dukungan mereka kepada pasangan calon nomor urut 02 dengan adanya sentuhan hati dari dai kondang asal Riau tersebut.

Finishing touch UAS ini kan bukan sentuhan amplop, bukan sentuhan uang, sembaku. Ini Sentuhan hati. Itu bisa membuat limpahan suara akan besar terhadap Prabowo,” tandas Direktur Eksekutif Voxpol Center tersebut dengan tegas.