Masih Ingatkah dengan Tsunami Jepang? Ternyata Ada Kisah Menarik Tentang Motor Harley yang Hanyut ke Kanada


kisah-motor-harley-yang-terbawa-tsunami-dari-jepang-ke-kanada-K1c6jcG8y2

Sekilas cerita tentang motor gede Harley Davidson yang menyeberangi Samudera Pasifik ini seperti dibuat-buat. Namun, hal tersebut ternyata fakta.

Gelombang tsunami yang menghantam Jepang pada 2011 menghanyutkan sebuah Harley Davidson model Softail Night Train model 2004. Motor yang berada dalam kontainer itu terempas ribuan kilometer hingga Pantai Haida Gwaii di Provinsi British Colombia, Kanada.

“Motor ini tadinya ada di dalam kontainer yang terseret gelombang sejauh 4.000 mil (6.400 kilometer) lalu terdampar di sebuah pulau. Ikatan tali sudah terlepas. Dari pelat nomornya bisa dikenali bahwa motor ini dari Jepang,” kata Bill Davidson, vice president Harley Davidson Museum, dalam rekaman video yang dikirim Harley Davidson Kanada.

Setelah ditemukan oleh seorang penjelajah pulau, motor sempat dibiarkan selama tiga pekan sampai pihak Harley Davidson di Kanada mengambilnya. Sebelum diambil, posisi motor sudah terpisah dari kontainer dan terkubur di pasir dan air laut.

Dalam pelat nomor, tampak nomor 4 28 dan tulisan dalam huruf asli Jepang. Dari situ mereka menelusuri identitas pemilik moge tersebut.

Bill melanjutkan, saat dihubungi, pemiliknya tidak bisa menyembunyikan emosinya. Pria itu telah kehilangan tiga anggota keluarga dan harta bendanya dalam musibah besar tersebut.

“Lalu, kami tawarkan ke dia bahwa kami akan mengganti motor Harley Davidson itu dengan yang baru. Namun, ia menjawab tidak bisa menerimanya. Jawaban dia kemudian sangat menakjubkan. Ia meminta motornya disimpan di Museum Harley Davidson di Milwaukee sebagai penghormatan terhadap korban tsunami,” ungkap Bill.

Pihak Harley Davidson pun merespons permintaan pria yang tidak disebutkan identitasnya itu dengan membuatkan display khusus di museum tersebut dengan nama Harley Davidson Tsunami Bike.

Sementara kondisi motor Harley itu sudah dipenuhi karat. Tidak disebutkan dalam video tersebut berapa lama motor terkatung-katung di lautan. Namun yang jelas, kondisinya sudah tidak sempurna lagi.

Beberapa komponen sudah terlepas, seperti lampu, rem, kabel-kabel, dan lainnya. Motor itu pun dimasukkan ke kotak kaca sehingga tidak bisa dipegang.

Sumber : okezone.com