Bahaya! Ternyata Mandi Tak Boleh Dilakukan di 3 Waktu Ini, Bisa Merusak Jantung


SURATKABAR.ID – Siapa yang bilang bahwa mandi boleh dilakukan kapan saja? Ternyata mandi ada aturannya. Ada di jam-jam tertentu dianjurkan untuk tidak mandi dengan alasan tidak baik bagi kesehatan. Mungkin banyak orang kurang tahu, sebenarnya ada tiga waktu yang dilarang untuk mandi. Namun jangan takut, bahwa di bawah ini juga ada waktu yang pas untuk mandi.

Melansir dari DokterSehat.com, inilah tiga waktu yang dilarang untuk mandi hingga dampak yang ditimbulkan.

1. Jangan mandi 30 menit setelah ashar

Setelah pukul 3 sore atau setelah ashar disarankan untuk tidak mandi karena kondisi darah dalam tubuh sedang panas, sehingga apabila mandi, maka justru akan mengakibatkan rasa lelah dan letih.

Baca juga: Catat! Islam Melarang Tidur di 3 Waktu Ini, Salah Satunya Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

2. Jangan mandi setelah maghrib

Pada saat maghrib atau diantara pukul 06.00-07.00 juga dilarang mandi karena kondisi jantung pada saat itu mulai lemah. Selain itu, mandi saat jam tersebut meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

3. Setelah isya hingga pukul 12 malam

Begitu juga setelah isya atau sekitar pukul 19.30 disarankan tidak boleh mandi karena merupakan waktu dimana jantung untuk beristirahat. Mandi pada saat itu bisa menyebabkan kerusakan jantung hingga menderita penyakit reumatik.

Waktu Mandi yang Baik untuk Tubuh

Jika diatas adalah 3 waktu yang dilarang untuk mandi, maka inilah waktu yang baik atau waktu yang dianjurkan untuk mandi agar bisa bermanfaat untuk tubuh.

1. Mandi saat subuh atau sebelum subuh

Mandi ketika subuh sangat direkomendasikan bahkan Rasullulah SAW selalu melakukan mandi sebelum subuh, karena mandi disaat waktu ini bisa menguatkan daya tahan tubuh.

2. Mandi pada waktu ashar

Mandi saat waktu ashar juga membuat tubuh lebih segar. Selain itu, mandi di jam-jam tersebut juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Sayangi Tubuh Anda, Inilah 3 Waktu yang Berbahaya Untuk Mandi