Gawat! Jadi Makanan Favorit, Siapa Sangka Ikan Asin Sembunyikan Ancaman Tak Terduga Ini Loh


SURATKABAR.ID – Menjadi salah satu menu favorit orang Indonesia, ikan asin kerap disandingkan dengan sambal dan berbagai olah menu lainnya. Terlebih bagi para penggemar kuliner nusantara, rasanya ikan asin tak pernah lupa untuk disajikan dalam berbagai menu dan olahan.

Memang benar, ikan asin memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner nusantara. Olahan ikan laut yang dikeringkan dan berasa asin tersebut dipercaya mampu meningkatkan selera makan. Tak heran kalau ikan asin masih menjadi menu pilihan yang susah untuk ditinggalkan.

Sayangnya, sejauh ini banyak yang tidak sadar jika terlalu sering mengonsumsi ikan asin ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Meski pada hakikatnya ikan asin merupakan ikan laut yang notabene memiliki kandungan gizi cukup banyak. Nyatanya proses pengasinan dan pengeringan membuat ikan asin kehilangan kandungan nutrisnya.

Seperti yang dilansir dari hellodokter.com, proses pembuatan ikan asin yang melibatkan garam sebagai salah satu komponen utamanya ternyata sangat mempengaruhi kandungan nutrisi pada ikan asin.

Baca Juga: Jadi Musuh Lantaran Dipercaya Bisa Mengancam Keperkasaan, Siapa Sangka Terong Punya 6 Kekuatan Super Ini

Pasalnya, kandungan natrium pada garam yang ditaburkan dalam proses pembuatan ikan asin dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dengan signifikan sehingga membuat risiko hipertensi naik. Peningkatan tekanan darah akibat konsumsi garam berlebihan dari daging ikan asin ternyata tidak hanya mempengaruhi pembuluh darah saja.

Kondisi ini juga akan menyebabkan perubahan struktur serta fungsi jantung. Sebagai contoh, jantung akan lebih mudah membengkak atau dalam dunia medis disebut sebagai cardiomegaly. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal jantung yang mematikan. Tak pelak kalau kebiasaan terlalu sering mengonsumsi ikan asin akan menambah resiko gangguan jantung.

Tak hanya itu, beberapa bahan kimia yang difungsikan untuk mengawetkan ikan asin juga sangat berbahaya bagi tubuh. Sebut saja formalin, pengawet yang tidak seharusnya digunakan pada makanan tersebut sangat beresiko menyebabkan terkena kanker, gangguan pencernaan, hingga gangguan saraf akan meningkat.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Jadi Kegemaran Orang Indonesia, Simak Dampak Mengejutkan dari Konsumsi Ikan Asin!!