Hati-hati! Meski Dianggap Hemat Listrik, Lampu Jenis ini Ternyata Memicu Rusak Mata


SURATKABAR.ID – Lampu menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Menjadi alat elektronik yang berperan untuk menerangi kegiatan manusia, lampu memiliki fungsi yang sangat vital.

Tak heran kalau banyak inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan lampu demi memenuhi kebutuhan para konsumen. Terbaru mulai dikenal sebuah lampu dengan jenis LED.

Memiliki cahaya yang pas dan tidak terlalu terang membuat lampu LED begitu digemari para konsumen. Selain bentuknya yang sederhana, lampu LED juga dikenal sangat hemat energi. Tak pelak kalau di awal kemunculannya lampu LED langsung laris dan menguasai pasar lampu.

Seperti yang dilansir dari Grid.ID, lampu LED memang dikenal lebih hemat listrik dibandingkan dengan lampu kuning yang dulu banyak digunakan. Bukan hanya digunakan untuk penerang ruangan, lampu LED juga ada pada layar komputer dan gawai alias gadget yang kita miliki.

Meski memiliki banyak manfaat, namun ternyata ada hal mengejutkan yang timbul dari efek lampu LED. Pasalnya, meski hemat energi lampu LED justru bisa memicu kerusakan retina pada mata. Kok bisa?

Baca juga: Mengejutkan! Ternyata Bahan Makanan Murah Meriah Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Usut punya usut, ternyata warna biru pada lampu LED bisa menyebabkan kebutaan pada mata. Seorang peneliti bernama Dr Celia Sanchez-Ramos dari Unversitas Madrid mengatakan bahwa terpapar sinar LED terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan retina.

Retina sendiri merupakan sebuah bagian dari mata yang berfungsi untuk menangkap semua gambaran yang dilihat oleh mata kemudian diteruskan ke dalam kornea. Dalam retina terdapat banyak jutaan sel yang peka akan cahaya sehingga jika mata terkena paparan lampu LED terus menerus bisa merusak kepekaan cahaya tersebut.

Nah, mulai sekarang jangan lagi mempertimbangkan penggunaan lampu hanya sekedar dari hemat energinya ya, perhatikan dampak apa yang disebabkan oleh lampu bagi kesehatan. Sebagai salah satu kebutuhan pokok, maka memilih lampu adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Makin Digemari Karena Dianggap Hemat Listrik, Lampu Jenis ini Ternyata Memicu Kerusakan Mata