Wow! Ternyata Ini Dampak Mengejutkan dari Rutin Makan Walnut


SURATKABAR.ID – Bagi penyuka walnut, makanan satu ini sudah pasti dikenal sebagai makanan yang lezat dan bikin nagih. Memiliki rasa yang unik, walnut kerap dimakan sebagai camilan. Selain rasanya yang unik, walnut bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Menariknya, walnut ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa pakar kesehatan menganjurkan walnut sebagai salah satu konsumsi bagi penderita kanker.

Melansir dari health.com, sebuah pakar kesehatan dunia menganjurkan untuk rutin mengonsumsi walnut bagi para penderita kanker. Pasalnya, konsumsi dua ons walnut per hari selama dua minggu dapat membantu menekan pertumbuhan kanker p******a, menurut sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research.

Konsumsi walnut telah memperlambat pertumbuhan kanker p******a dan mengurangi risiko kanker p******a pada tikus,” kata W Elaine Hardman, salah satu pakar kanker dari Marshall University di Amerika Serikat.

Berdasarkan penelitian ini, tim kami berhipotesis bahwa konsumsi walnut akan mengubah ekspresi gen pada kanker p******a wanita yang dikonfirmasi secara patologis ke arah pengurangan pertumbuhan kanker p******a,” kata sambung dia.

Baca Juga: Astaga! Banyak Makan Snack, Seorang Balita Alami Sakit di Pantat Hingga Berak Darah. Lihat yang Ditemukan Dokter

Dalam sebuah uji klinis, wanita yang memiliki benjolan p******a cukup besar diminta mengonsumsi walnut dan menjalani biopsi. Setelah pengumpulan biopsi, wanita dalam kelompok walnut mulai mengkonsumsi dua ons walnut per hari sampai operasi lanjutan.

Setelah itu, perubahan dalam ekspresi gen dalam spesimen bedah peneliti bandingkan. Hasil profiling ekspresi RNA menunjukkan ekspresi 456 gen yang diidentifikasi dalam tumor berubah karena konsumsi walnut.

Hasil tersebut seakan menunjukkan jika walnut memang memiliki peran untuk membunuh sel kanker pada p******a. Meski belum banyak diketahui, namun konsumsi walnut secara teratur sangat disarankan untuk para penderita kanker p******a.

Bagi mereka yang kurang suka mengonsumsi walnut secara langsung, langkah terbaiknya adalah dengan mencampur walnut dengan menu makanan sehat. Beberapa pakar gizi dan kesehatan kini juga tengah membuat terobosan bagaimana agar walnut bisa dikonsumsi dengan teratur oleh para penderita kanker p******a.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Baru Diketahui, Walnut Ternyata Memiliki Manfaat yang Mengejutkan Bagi Kesehatan