Hati-Hati! Tukang Narsis, Selfie di Pantai Ini Bisa Diganjar Hukuman Mati Loh


SURATKABAR.ID – Siapa yang tidak doyan ber-selfie ria di tempat-tempat eksotis atau ekstrem? Telepon pintar di tangan menjadi senjata andalan untuk mengambil foto diri dengan latar belakang menarik. Seperti pantai, misalnya.

Namun hati-hati bagi Anda yang berencana berlibur ke Thailand dan menikmati pemandangan pantai di sana. Pasalnya, jika ada turis kepergok ber-selfie di sebuah pantai di Negara Gajah Putih, mereka bisa terancam hukuman mati. Kok bisa?

Ternyata, seperti dilansir dari laman Kompas.com pada Sabtu (6/4/2019), pantai yang dimaksud adalah pantai yang letaknya tak terlalu jauh dari Bandara Internasional Phuket. Lantaran lokasinya yang begitu dekat dengan bandara, pesawat yang akan lepas landas atau mendarat menjadi daya tarik sendiri.

Dan karena pemandangan pesawat melintas sangat dekat di atas kepala inilah yang membuat cukup banyak wisatawan memutuskan mengambil foto diri di sana untuk kemudian dipamerkan di akun media sosial masing-masing sebagai pembuktian diri.

Namun rupanya perilaku para pelancong ini disebut membuat pihak pengelola bandara tak suka. Alasannya, mereka dianggap dapat membuat para pilot terganggu konsentrasinya ketika akan membawa pesawat mengudara atau mendarat.

Baca Juga: Bikin Merinding! 6 Orang Ini Tewas Tak Lama Usai Ber-Swafoto, Ada yang dari Indonesia

“Kami membangun sebuah zona keselamatan yang dikategorikan sebagai daerah terlarang, di mana siapa pun dilarang mengambil foto,” jelas Wakil Manajer Umum Bandara Internasional Phuket, Wichit Kaewsaithiam. “Selain di zone ini, warga lokal dan turis masih bisa datang untuk berfoto,” imbuhnya.

Pengelola bandara juga mengeluarkan peringatan kepada para turis agar tak menerbangkan drone atau menyalakan pena laser di kawasan terlarang tersebut. “Hukuman maksimalnya adalah hukuman mati untuk perilaku yang bisa mengganggu konsentrasi pilot,” ujar Wichit kepada harian The Bangkok Post.

Sebelumnya, seorang Direktur Bandara Phuket Monrudee Gettuphan mengatakan, para petugas mengaku khawatir dengan keselamatan warga lokal dan mancanegara yang berpose selfie di dekat bandara tersebut.

Ia menambahkan, untuk mencegah hal-hal buruk, siapa pun diwajibkan menjauh dari zona terlarang. Selain berisiko mengganggu konsentrasi pilot, berada terlalu dekat dengan bandara dapat menyebabkan rusaknya organ pendengaran lantaran suara mesin pesawat yang keras.

“Menurut undang-undang penerbangan 1978, siapa saja yang melanggar aturan ini terancam hukuman penjara 5-20 tahun, penjara seumur hidup, bahkan hukuman mati,” jelas seorang pejabat terkait larangan selfie di pantai tersebut.