Kembali Digelari Menteri Keuangan Terbaik, Postingan Sri Mulyani Jadi Sorotan Netizen


SURATKABAR.ID – Kembali mendapat gelar Menteri Keuangan Terbaik, postingan Sri Mulyani menjadi sorotan netizen tanah air. Setelah berita dirinya mendapat predikat Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik 2019 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, unggahan Menkeu Sri Mulyani Indrawati di Instagram kali ini menarik perhatian publik.

Dikutip dari reportase Intisari.Grid.ID, Sabtu (06/04/2019), sebenarnya, Sri Mulyani tidak menyinggung soal prestasinya dalam unggahan yang juga dimuat di halaman Facebook miliknya itu.

Sri Mulyani Indrawati justru mengunggah foto-foto saat dirinya mengikuti pertemuan dengan sesama menteri keuangan negara-negara ASEAN.

Dalam postingan foto itu, tampak Sri Mulyani Indrawati menjadi satu-satunya menteri keuangan perempuan. Fakta ini tentu membanggakan Indonesia karena mempunyai Srikandi di bidang perekonomian. Apalagi jika mengingat sosok perempuan tersebut mampu mengalahkan popularitas Kaum Adam se-Asia Pasifik dalam hal pengelolaan keuangan negara.

Pertemuan sangat produktif dan sangat bermanfaat – tukar pikiran antara Menkeu dan membahas tantangan kebijakan keuangan dan perpajakan menghadapi perubahan teknologi digital 4.0,” tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, sebagaimana dikutip dari TribunStyle.com berdasarkan pantauan dari unggahannya di Facebook, Kamis malam (04/04/2019).

Baca juga: Dari Aset Minyak, Penghasilan Sultan Brunei Capai Rp 1,5 Juta per Detik

Berikut ini bunyi postingan perdana Menkeu Sri Mulyani selengkapnya seusai dirinya mendapat gelar Menkeu Terbaik 2019 se-Asia Pasifik:

View this post on Instagram

Hari pertama pertemuan Menkeu ASEAN di Chiang Rai Thailand. Dimulai dengan wawancara Bloomberg, pertemuan dengan EU -ASEAN Business, US-ASEAN Business, Bilateral Menkeu Philippine, Bilateral Presiden ADB, Lunch bersama ASEAN Business Council, Retreat Menkeu ASEAN membahas Global Financial Landscape, Enhancingvcooperation through technology, dan Benefit of Financial Technology for All. Pertemuan sangat produktif dan sangat bermanfaat – tukar pikiran antara Menkeu dan membahas tantangan kebijakan keuangan dan perpajakan menghadapi perubahan teknologi digital 4.0.

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

Hari pertama pertemuan Menkeu ASEAN di Chiang Rai Thailand.

Dimulai dengan wawancara Bloomberg, diikuti dengan serangkaian pertemuan dengan:
EU -ASEAN Business, US-ASEAN Business, Bilateral Menkeu Philippine, Bilateral Presiden ADB, Lunch bersama ASEAN Business Council.

Retreat Menkeu ASEAN membahas Global Financial Landscape, Enhancing cooperation through technology, and Benefit of Financial Technology for All.

Pertemuan sangat produktif dan sangat bermanfaat – tukar pikiran antara Menkeu dan membahas tantangan kebijakan keuangan dan perpajakan menghadapi perubahan teknologi digital 4.0.

Dunia berubah begitu cepat, Indonesia harus mampu memahami perubahan ini dan mampu memanfaatkan perubahan tersebut.

Kita harus terus belajar, harus terus membangun dan harus siap..!

Prestasi Cemerlang Menkeu Sri Mulyani

Kemampuan Sri Mulyani Indrawati yang andal dan cakap dalam mengelola keuangan Indonesia lagi-lagi diakui oleh dunia internasional. Ia lagi-lagi mendapat predikat sebagai menteri keuangan terbaik di seluruh Asia Pasifik. Gelar yang disematkan untuk tahun 2019 tersebut diberikan oleh majalah keuangan Finance Asia.

Majalah ini sendiri sudah terhitung dua kali memberi gelar menteri keuangan terbaik bagi Sri Mulyani, yakni di 2017 dan 2018.

Ini berarti Sri Mulyani menggenggam predikat sebagai menteri keuangan terbaik se-Asia Pasifik selama tiga tahun berturut-turut.

“Menkeu Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik, dengan mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 (1,76 persen dari Produk Domestik Bruto),” tukas Finance Asia dalam keterangan resmi Kemenkeu, Kamis (04/04/2019), melansir Tribunnews.com.

Melalui program Amnesti Pajak yang diluncurkan tahun 2016-2017, imbuh Finance Asia, Menkeu Sri Mulyani juga berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance).

Pada akhirnya, program ini terbukti cukup efektif meningkatkan penerimaan perpajakan.

Melalui Global Green Sukuk, Menkeu Sri Mulyani dinilai bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual green bonds.

Green bonds merupakan surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan, yang terjual hingga 1,25 miliar dolar AS.

“Selain itu, di tengah pelemahan nilai tukar seiring perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, Pemerintah bersama Bank Indonesia juga dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah,” tukasnya.

Finance Asia mengeluarkan penilaian kinerja Menteri Keuangan di kawasan Asia Pasifik.  Media ini melakukan penilaian dengan melihat bagaimana para Menteri Keuangan mengelola keuangan negara dalam kurun waktu satu tahun di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan geopolitik global.

Selain menobatkan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2019, Finance Asia juga merilis peringkat untuk para Menteri Keuangan lain di kawasan ini.

Peringkat dua diberikan kepada Carlos Dominguez dari Filipina; peringkat tiga Heng Swee Keat dari Singapura; peringkat empat Josh Frydenberg dari Australia; peringkat lima Paul Chan dari Hong Kong; peringkat enam Piyush Goyal dari India; peringkat tujuh Liu Kun dari Tiongkok; peringkat delapan Hong Nam-Ki dari Korea Selatan; peringkat sembilan Lim Guan Eng dari Malaysia; peringkat sepuluh Apisak Tantivorawong dari Thailand; peringkat sebelas Su Jain-Rong dari Taiwan; dan terakhir Taro Aso dari Jepang.