Tampil Beda, Ma’ruf Amin Kenakan Hoodie dan Sarung di Kota Bogor


SURATKABAR.ID – Ada yang beda saat KH Ma’ruf Amin kampanye terbuka di Lapangan Marzuki Mahdi, Bogor Barat, Kota Bogor, Jumat (05/04/2019). Calon wakil presiden nomor urut 01 tersebut tampak mengenakan hoodie bertulisan “01” berwarna merah di bagian belakangnya. Tulisan “01” juga terdapat pada bagian dada kiri dan terdapat kantung di bagian depan hoodie tersebut.

Dilansir dari halaman Kompas.com, Jumat (05/04/2019), hoodie putih itu dipadankan dengan sarung dan selendang putih yang menjadi ciri khas Ma’ruf Amin. Penampilan Ma’ruf kali ini memang lain daripada biasanya. Biasanya, Ma’ruf mengenakan baju koko berwarna putih dalam kegiatan sehari-hari.

Berdasarkan pantauan tim wartawan di lapangan, dari atas panggung, Ma’ruf membungkukkan badan untuk bersalaman dengan masyarakat yang hadir dalam kampanye terbuka itu. Bendera-bendera partai pendukung berkibar di area kampanye.

Seusai shalat Jumat, Ma’ruf akan menggelar kampanye di Lapangan Ciampea, Kabupaten Bogor. Kampanye kedua pada hari ini akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB-16.00 WIB.

Sampai hari ini, Ma’ruf Amin telah mengunjungi berbagai daerah untuk melakukan kampanye terbuka. Dalam satu pekan terakhir, ia sudah datang ke Madura, Lombok, Sukabumi, dan Garut.

Baca juga: Ma’ruf Amin Klaim Dirinya Keturunan Prabu Siliwangi

Kampanye rapat umum dimulai pada 24 Maret hingga 13 April 2019. Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan zonasi kampanye bagi kedua pasangan calon serta partai politik dalam Pemilu 2019.

Setiap dua hari sekali, masing-masing pasangan calon dan partai pendukung akan berpindah zona secara bergiliran.

Saling Menghargai Perbedaan

Lebih lanjut, KH Ma’ruf Amin juga meminta agar masyarakat saling menghargai perbedaan pilihan capres pada 17 April nanti. Ia meminta perbedaan pilihan itu tak menjadikan masyarakat bermusuhan.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut mengungkapkan, Islam mengajarkan toleransi kepada umat agama lain. Hal ini semestinya dipraktekkan dalam menyikapi perbedaan pilihan capres.

“Berbeda agama saja kita disuruh toleran. Berbeda partai juga harus toleran. Berbeda capres juga kan mestinya tidak harus berantem. Makanya saya dimana-mana (bilang) kalau enggak sama (pilihan capres), enggak apa-apa,” tukas Ma’ruf sebelumnya dalam acara silaturahmi dengan pengasuh pondok pesantren sekabupaten Garut, di Fave Hotel, Garut, Jawa Barat, Kamis (04/04/2019).

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]