Ratusan Pria dan Wanita Berfoto Tanpa Pakaian di Tubuhnya


SURATKABAR.ID – Sebanyak ratusan wanita dan pria mengikuti sesi foto tanpa pakaian di tubuhnya. Gerakan tersebut dilakukan secara massal di Spanyol. Lebih dari 1.300 sukarelawan pria dan wanita tanpa sehelai benang pun di tubuhnya rela mengambil bagian dalam pemotretan massal oleh fotografer spesialisasi foto tanpa busana yang terkenal, Spencer Tunick di Valencia, Spanyol.

Dikutip dari reportase OkeZone.com, Jumat (05/04/2019), fotografer asal New York yang dikenal dengan karya tanpa busananya itu melakukan pemotretan untuk membantu festival budaya IntraMurs yang digelar di kota tersebut.

Sebagaimana diwartakan RT, Selasa (02/04/2019), ribuan sukarelawan itu berkumpul di pusat kota pada Sabtu lalu. Mereka lantas menanggalkan pakaian atas nama seni dan pemberdayaan perempuan.

Mereka difoto dalam berbagai posisi yang menempatkan laki-laki di tanah dan perempuan berdiri di atas mereka, yang dimaksudkan untuk mewakili kelompok yang terakhir sebagai “lebih bijaksana dari dua jenis kelamin.”

“Dengan karya-karya ini ada narasi abstrak di seluruh – pemberdayaan perempuan dan semacam awal yang baru,” ungkap Tunick.

Baca juga: Terungkap! Ternyata 5 Karya Seni Dunia nan Megah Ini Menyimpan Banyak Misteri

“Tidak terlalu menyamakan pria dan wanita tetapi sebenarnya wanita naik di atas pria sebagai lebih bijaksana dari kedua jenis kelamin.”

Lebih dari 90 Instalasi Seni

Fotografer ini rupanya telah membuat lebih dari 90 instalasi seni tanpa busana di pusat budaya di seluruh dunia, termasuk Sydney Opera House, Place des Arts di Montreal, Mexico City, dan Stadion Ernst Happel di Wina.

Spencer Tunick sendiri tercatat sebagai seorang artis Amerika. Ia terkenal untuk instalasi yang memfitur sejumlah besar orang tanpa busana yang berpose dalam formasi artistik.

Lahir 1 Januari 1967, Tunick dikenal untuk instalasi yang memfitur sejumlah besar orang tanpa busana berpose dalam formasi artistik. Instalasi ini seringkali terletak di lokasi perkotaan di seluruh dunia, meskipun ia juga telah melakukan beberapa “Beyond The City” seperti instalasi hutan dan pantai, yang masih melibatkan individu serta kelompok-kelompok kecil sesekali.

Menukil Wikipedia, Tunick adalah objek dari tiga film dokumentari HBO, Naked States, Naked World dan Positively Naked. Sedangkan yang menjadi modelnya tak lain ialah para sukarelawan yang tidak dibayar yang menerima foto edisi terbatas sebagai kompensasi.