Ma’ruf Amin Klaim Dirinya Keturunan Prabu Siliwangi


SURATKABAR.ID – Dalam kampanye terbukanya di Garut, calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin mengklaim dirinya merupakan keturunan dari Prabu Siliwangi. Ia mengaku sebagai tokoh asli dari Jawa Barat serta memiliki silsilah sebagai keturunan dari Raja Kerajaan Pajajaran Pasundan, Prabu Siliwangi. Hal ini diungkapkannya saat kampanye terbuka pilpres 2019 di hadapan masyarakat Garut, tepatnya di Lapangan Sepak Bola Cihuni, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (04/04/2019).

“Saya ini dianggap memiliki darah Sunda. Saya punya jalur sampai ke Prabu Siliiwangi sampai Raja Sumedang. Jadi berarti saya mewakili orang Sunda,” ujar KH Ma’ruf Amin, sebagaimana dilansir dari laporan CNNIndonesia.com, Jumat (05/04/2019).

Lebih lanjut, KH Ma’ruf Amin lalu bercerita bahwa Indonesia pernah mempunyai wakil presiden yang berasal dari tanah Sunda, yaitu Umar Wirahadikusumah. Umar ialah Wakil Presiden Indonesia keempat pada periode 1983 dan 1988.

Melihat fakta tersebut, KH Ma’ruf Amin meminta kepada masyarakat Garut untuk memilih pemimpin yang berdarah Sunda di Pilpres. Terlebih lagi, dirinya menyatakan turut menyandang status sebagai seorang ulama yang mempunyai darah dari suku Sunda.

“Sekarang yang jadi cawapres adalah Sunda yang ulama. Mau dukung saya tidak? Siap apa tidak?” tanya KH Ma’ruf Amin yang dijawab siap dengan serentak oleh para pendukungnya.

Baca juga: Sekjen PDIP: Di Depan Kamera Saja Pak Prabowo Emosional

Melihat antusias para pendukung, Ma’ruf pun optimis dirinya bisa menyabet kemenangan di Garut dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 70 persen pada Pilpres 2019.

“Siap menang? Berapa persen? 70? Yakin? Pasti? Janji? Siap? InsyaAllah menang, menang, menang,” sahutnya kemudian.

Di sisi lain, Ma’ruf berpesan kepada para pendukungnya untuk menggunakan cara-cara yang ‘bersih’ dalam memenangkan Pilpres 2019 ini.

Ia menyebutkan masyarakat Garut untuk lebih mementingkan rasa persaudaraan dan kesatuan sebagai bangsa ketimbang harus bermusuhan satu sama lain saat pergelaran Pilpres 2019.

Juga Merupakan Keturunan Madura

Soal klaim kesukuan itu, Ma’ruf juga pernah mengaku keturunan Madura. Saat berkunjung ke Bangkalan, Ma’ruf menyatakan dirinya punya darah keturunan Madura dari para tokoh dan raja di Madura pada masa lampau.

“Saya keturunan Madura dari Kiai Demang Plakaran, Arosbaya, Bangkalan. Beliau mempunyai anak bernama Raden Kiai Pragalba. Lalu cucu beliau yang di Pamekasan kemudian diperistri Raja Sumedang Larang yang kemudian diberi gelar Nyai Ratu Harisbaya yang diambil dari Arosbaya. Dari sana kemudian lahir mbah-mbah saya,” tutur Ma’ruf di Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan, Jumat (19/10/2018) lalu.

Selain itu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Barat, Dedi Mulyadi juga mengklaim Ma’ruf Amin ialah keturunan dari Kerajaan Sumedang Larang.

“Beliau keturunan Pangeran Prabu Geusan Ulun, raja di kerajaan Sumedang Larang. Pangeran ini punya istri namanya Harisbaya yang berasal dari orang Madura,” ungkap Dedi saat bertemu KH Ma’ruf Amin di Gedung Kembar, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (03/10/2018) silam.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]