Masih Sering Makan Nasi Sisa Semalam? Ternyata Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini


SURATKABAR.ID – Belum makan namanya jika belum makan nasi. Ya, memakan nasi memang menjadi gaya hidup yang tak dapat ditinggalkan masyarakat Indonesia. Namun rupanya ada hal penting yang harus kita perhatikan soal nasi.

Terutama soal kebiasaan mengonsumsi nasi sisa semalam yang dipanaskan kembali di pagi hari. Karena rupanya nasi sisa semalam ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan pencernaan kita, seperti yang dilansir dari laman Grid.ID, pada Selasa (2/4/2019).

Bahkan bahayanya tidak main-main. Nasi sisa semalam yang dihangatkan kembali disebutkan dapat menyebabkan tubuh kita mengalami keracunan. Oleh karena itulah, kita harus lebih memperhatikan bagaimana cara menanak nasi jika tidak ingin menyesal karena kelalaian kita sendiri.

Apakah Anda termasuk orang yang suka memakan nasi sisa semalam dengan menghangatkannya atau memanaskannya terlebih dahulu? Coba simak penjelasan di bawah ini sebelum Anda melanjutkan kebiasaan yang ternyata tidak sehat itu:

Baca Juga: Terjawab! Makan Buah atau Nasi Dulu, Ternyata Ini yang Paling Tepat

Menurut Layanan Kesehatan Nasional di Inggris, disarankan untuk tidak membiarkan beras berada terlalu lama di luar wadah ketika kita hendak menanak nasi. Beras yang dibiarkan terlalu lama di luar dapat mengundang bakteri Bacillus cereus, yang nantinya dapat berkembang menjadi zat beracun.

Disebutkan, bakteri tersebut bisa bertahan hidup meski beras melalui proses memasak. Ia bahkan terus berkembang selama proses penanakan nasi tersebut. Dan jika kita terpaksa mengonsumsi nasi, tubuh akan mudah diserang penyakit, seperti diare.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak boros ketika kita akan memasak nasi. Dengan begitu nasi yang dimasak tidak akan tersisa di hari selanjutnya. Pastikan Anda hanya menanak nasi sebanyak yang cukup untuk dimakan anggota keluarga atau diri Anda sendiri, ya?

Lalu bagaimana jika tetap masih ada sisa nasi semalam? Sebaiknya nasi sisa semalam langsung dibuang. Jangan pernah memaksakan diri mengonsumsi nasi sisa semalam dengan cara memanaskannya kembali dan mengolahnya menjadi menu masakan baru, seperti nasi goreng atau lainnya.