Ada 3 Sejarah April Mop, Salah Satunya Pembantaian Sadis Masyarakat Muslim. Begini Kisahnya


SURATKABAR.IDApril Mop alias April Fool’s Day kerap dirayakan sebagian orang pada tanggal 1 April. Namun tahukah Anda? Ada 3 sejarah di balik April Mop ini. Salah satunya yaitu terkait pembantaian sadis masyarakat muslim. Seperti apa kisahnya?

Menukil Palembang.TribunNews.com, Senin (01/04/2019), April Mop atau April Fools’ Day ini diperingati setiap tanggal 1 April di beberapa bagian dunia. Kultur ini ikut masuk dan diadaptasikan di Indonesia. Saat April Mop, seseorang diperbolehkan untuk berbohong guna menciptakan lelucon. Biasanya lelucon ini ditujukan untuk keluarga, sahabat atau tetangga dengan tujuan untuk mempermalukan mereka.

Meski begitu, ada beberapa peraturan untuk merayakan April Mop ini. Di beberapa negara seperti Inggris, Australia dan Afrika Selatan, April Mop hanya boleh dilakukan sampai siang saja atau sebelum siang hari.

Namun di tempat lain seperti Kanada, Prancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat, lelucon bebas dimainkan sepanjang hari.

Tak hanya di kehidupan nyata, April Mop juga sering diperingati di internet. Hingga media massa luar negeri juga pernah ikut melakukannya.

Baca juga: Catat! Islam Melarang Tidur di 3 Waktu Ini, Salah Satunya Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Beberapa Versi tentang Sejarah April Mop

Tradisi April Mop atau April Fools’ Day tidak memiliki asal usul yang jelas. Namun ada dugaan yang menyatakan jika April Mop ini berasal dari Romawi Hilaria, yakni sebuah festival musim semi yang diadakan sekitar 25 Maret untuk menghormati hari pertama tahun lebih lama dari malam.

Festival ini juga biasa dikenal dengan Vernal Equinos, yang biasanya jatuh pada 20 Maret.

1. Versi Kerajaan Romawi

Joseph Boskin yang merupakan seorang profesor dari Boston University menyebutkan bahwa ide April Mop pertama kali digagas oleh pelawak-pelawak Kerajaan Romawi. Hal ini terjadi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga sampai keempat setelah Masehi.

Waktu itu, para pelawak mengajukan sebuah petisi kepada raja agar mereka diizinkan menjadi raja untuk sehari saja.

Tak disangka, sang Raja malah setuju dengan petisi tiu dan mengangkat Jeter, salah satu pelawaknya menggantikan posisinya tersebut.

Jeter menjadi raja sehari pada tanggal 1 April. Dan setelah peristiwa tersebut, Jeter jugalah yang meresmikan hari itu sebagai “hari kemustahilan”.

2. Versi Perancis

April Mop sudah diperingati di Negara Perancis sejak 1582, tepatnya saat pemerintahan Raja Charles IX. Saat itu Paus Gregory XIII merombak kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan, layaknya kalender Masehi sekarang.

Tahun baru yang semula jatuh pada tangga 25 Maret hingga 1 April pun berbuah ke tanggal 1 Januari.

Kendati penanggalan kalender itu digunakan hingga kini, namun ternyata pada saat itu banyak rakyat Perancis yang menentang keputusan Paus. Bahkan sebagai bentuk penolakan tersebut, sejumlah warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai Tahun Barunya yang malah ditertawakan oleh sebagian masyarakat lainnya saat itu.

Masyarakat yang kontra dengan ketetapan 1 April sebagai tahun baru malah meledek mereka dengan cara memberikan lelucon palsu. Karena ledekan itu, masyarakat Perancis malah terus bertingkah aneh setiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan.

Pada tahun 1782, tradisi itu justru ditiru oleh orang Inggris sehingga popularitasnya jadi makin menyebar ke seluruh dunia.

3. Versi Perang Salib

April Mop versi lainnya berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 atau bertepatan dengan 892 H. Perayaan April Mop ini bertepatan dengan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol secara sadis oleh tentara perang salib melalui trik mengirimkan barang haram seperti alkohol dan juga melakukan penipuan.

Setelah tentara salib melakukan penyerangan dengan kejam terhadap muslim Spanyol, mereka tak berhenti begitu saja lantaran berpikir masih banyak muslim yang bersembunyi.

Untuk membuat muslim keluar, akhirnya tentara salib melakukan penipuan terhadap umat Islam. Mereka mengungkapkan bahwa akan membebaskan muslim yang tersisa dengan membawanya keluar dari Spanyol menggunakan kapal yang sudah disiapkan di pelabuhan.

Meski awalnya tak percaya, namun akhirnya banyak muslim yang berkumpul di pelabuhan. Sebelum para muslim yang berada di pelabuhan dibunuh, mereka sempat menyaksikan rumah mereka dibakar habis-habisan dengan orang-orang muslim yang masih tersisa disana.

Tentara salib juga menghabisi seluruh muslim di pelabuhan dengan membantai seluruh warga sipil Spanyol. Peristiwa berdarah ini sontak membuat lautan yang tadinya biru menjadi kehitaman. Ini terjadi pada tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh orang-orang setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April Fool’s Day).

Kejadian Nyata di April Mop

Gara-gara ada peringatan April Mop, beberapa peristiwa besar yang terjadi awalnya malah dianggap lelucon. Padahal hal itu benar adanya. Berikut ini adalah 5 peristiwa nyata yang dianggap lelucon karena terjadi bertepatan pada tanggal 1 April:

1. Hari Republik Iran

Tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Republik atau Kemerdekaan Negara Iran. Sayangnya, di awal pengumuman hari republik ini banyak warga internasional yang tak percaya. Akhirnya, selama 30 tahun orang Iran tak percaya kalau tanggal 1 April adalah Hari Republik.

2. Tsunami di Hawaii

Di Hawaii pernah terjadi tsunami tepat pada tanggal 1 April 1946. Sebanyak 165 orang tewas karena kejadian ini. Banyaknya korban yang berjatuhan ini terjadi akibat orang-orang awalnya tak percaya dengan peringatan datangnya tsunami. Itulah sebabnya musibah ini juga disebut Tsunami April Mop.

3. Marvin Gaye Meninggal

Sudah bukan rahasia lagi jika di dunia hiburan, kabar kematian sering muncul dan ternyata palsu. Meninggalnya Marvin Gaye juga awalnya dianggap palsu. Terlebih Marvin Gaye meninggal pada tanggal 1 April. Penyanyi yang namanya dipakai sebagai judul lagu milik Charlie Puth ini meninggal karena ditembak oleh ayahnya sendiri.

4. Persaingan Perusahaan Square dan Enix

Square dan Enix merupakan dua perusahaan Jepang yang bergerak dalam bidang permainan video. Saat Enix diakuisisi oleh Square di tanggal 1 April banyak yang tak percaya. Mereka mengira kabar ini hanya lelucon April Mop semata.

5. Rilis Gmail

Perusahaan Google terkenal sering membuat lelucon di tanggal 1 April. Gara-gara itulah, perilisan Gmail di tanggal 1 April 2004 sempat dianggap hanya lelucon belaka.