Wow! Dianggap Limbah, Tak Disangka Inilah Daftar Khasiat Batang Pohon Pisang bagi Kesehatan


SURATKABAR.ID – Belakangan ini para pakar kesehatan Tanah Air tengah gencar memanfaatkan berbagai jenis tanaman liar sebagai obat. Bukan tanpa alasan, menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, ternyata di Indonesia banyak tumbuh tanaman liar yang berkhasiat sebagai obat.

Banyaknya jenis tanaman obat yang bisa dengan mudah tumbuh liar di sebagian besar wilayah Indonesia, nyatanya tak lantas membuat masyarakat mudah sadar kalau sejatinya banyak sekali tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan medis.

Batang pisang misalnya, sejauh ini batang pisang hanya dibiarkan begitu saja menjadi limbah yang tak bermanfaat. Namun siapa sangka, kalau selain daun dan buahnya, batang pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa sebagai obat.

Seperti yang dilansir dari health.com, nutrisi yang terdapat pada batang pohon pisang diketahui bisa menyembuhkan beberapa penyakit berat yang tidak banyak disadari oleh masyarakat.

Baca Juga: Gempar Buah Langka Cempedak Ditumbuhi Pisang, Warga Kapuas Sebut Soal Wanita Misterius

Usut punya usut, batang pisang yang biasa dibuang tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, ahli juga mengungkapkan kalau batang pohon pisang mengandung berbagai nutrisi seperti tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, saponinZat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Lebih mengejutkannya lagi, batang pisang ternyata memiliki efek diuretik yang berasal dari seratnya dan dipercaya bisa melancarkan buang air kecil dan membersihkan saluran ginjal. Tak heran kalau beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk rutin mengonsumsi batang pisang bagi para penderita gagal ginjal.

Tak hanya itu, kandungan serat dari batang pohon pisang juga mampu mencegah kadar gula dan menetralisir tensi darah. Pasalnya, satu gelas jus batang pohon pisang yang dipercaya bisa mengatur tingkat insulin dalam tubuh tentunya bermanaaf dalam mengobati diabetes.

Sayangnya kandungan nutrisi yang terdapat dalam batang pohon pisang ini masih jarang diketahui. Padahal beberapa negara di Asia seperti India, Malaysia, dan Thailand, batang pohon pisang sudah dimasak bahkan dimakan.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Biasa Dibuang, Ternyata Batang Pohon ini Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit!!