Konsumsi Minuman Berenergi Tiap Hari, Hal Mengerikan Terjadi pada Lidah Pria Ini


SURATKABAR.ID – Jika Anda menganggap minuman energi benar-benar dapat memberikan asupan energi tambahan untuk tubuh setelah seharian penuh tenggelam dalam beragam aktivitas dan jadwal yang padat, artinya Anda harus kembali berpikir ulang sambil menyimak kisah mengerikan pria ini.

Seperti dihimpun dari laman Grid.ID, pada Kamis (28/3/2019), seorang guru diberitakan mengonsumsi tidak kurang dari enam kaleng minuman energi setiap harinya. Dan dalam sebuah gambar yang ia unggah di akun media sosial, tampak dampak mengejutkan dari terlalu banyak minum minuman energi.

Dalam foto yang memperlihatkan bagian mulut yang mengalami kerusakan mengerikan tersebut terlihat bagian lidahnya mendapatkan luka yang cukup parah. Permukaan lidahnya melepuh dan kulitnya terkelupas.

Pria bernama Dan Royals ini ingin memberi peringatan kepada seluruh pembacanya mengenai bahaya tak terduga dari meminum minuman energi. Pasalnya, dalam satu kemasan kaleng minuman energi memiliki kandungan hingga 58 gram gula yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Ia mengaku sudah terbiasa mengonsumsi lima atau enam kaleng minuman energi setiap hari. Sampai pada akhirnya dokter mengatakan bahwa kandungan gula dan bahan kimia, seperti asam amino, Vitamin B, dan zat-zat herbal, yang berlebihan di dalam minuman tersebut mengikis dagingnya.

Baca Juga: Tak Selalu Sehat, Pelatih Yoga Ini Malah Terserang Stroke Gara-Gara Yoga

Siapa yang minum minuman berenergi? Hingga kecanduan? Anda mungkin akan berpikir lagi. Lihatlah foto kedua…. Itu yang dilakukan itu di lidahmu, bayangkan bagaimana rasanya itu di bagian dalam mulutmu?” tulis Royals dalam unggahannya di akun Facebook miliknya.

Sampai baru-baru ini ketika terjadi, saya minum setidaknya 5 – 6 per hari (saya merasa kurang energi untuk mengajar anak-anak) dan saya menyikat setiap hari, pergi ke dokter, dan boom! Mengetahui bahan kimia dalam minuman ini yang menyebabkannya, ini benar-benar menggerogoti lidah Anda.”

Jadi, berhati-hatilah, teman-teman,” tulis warga Australia yang tinggal di Asia tersebut. Ia mengaku dirinya adalah perokok aktif, namun ia menegaskan kerusakan pada permukaan lidahnya yang dialaminya itu disebabkan karena minuman energi.

“Saya benar-benar merawat kesehatan mulut saya, tetapi ini murni karena minuman ini. Saya merokok, tetapi tidak ada hubungannya dengan lidah saya yang tergerus,” jelas Royals, seperti yang dilansir dari Daily Mail.

Pria yang berprofesi sebagai guru tersebut tak memberikan penjelasan secara terperinci mengenai bagaimana minuman energi yang ia konsumsi setiap hari itu sampai menyebabkan kerusakan parah pada lidahnya.

Namun menjawab hal tersebut, dokter gigi telah memberikan peringatkan keras bahwa kandungan gula dan asam dalam jumlah yang tinggi pada minuman energi memang dapat mengancam kesehatan mulut. Terutama jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Organisasi kesehatan Dunia (WHO), “Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa gigi berlubang bisa karena pH asam dan kadar gula yang tinggi dari produk-produk seperti minuman energi.”

Penelitian lain membuktikan, dengan meminum minuman berenergi maka hal tersebut akan menimbulkan erosi dan menghilangnya noda pada gigi. Hal itu kemudian bisa menyebabkan hipersensitivitas dentin serviks.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh minuman energi seperti yang diungkapkan oleh peneliti WHO:

1. Overdosis kafein yang menyebabkan sejumlah gejala, seperti jantung berdebar, tekanan darah tinggi, mual, muntah, kejang-kejang, dan pada beberapa kasus, bisa sampai menimbulkan kematian.

2. Diabetes tipe 2, yang karena tingginya kadar kafein akan mengurangi sensitivitas insulin.

3. Bagi ibu hamil terlalu banyak mengonsumsi minuman energi bisa berakibat keguguran, berat badan bayi yang dilahirkan di bawah norman, hingga kelahiran mati.

4. Dampak yang dirasakan oleh anak-anak dan remaja adalah mengalami efek sistem neurologis dan juga kardiovaskular.

5. Perilaku mencari sensasi yang jika dipadukan dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan ‘mabuk berat’.

6. Kesehatan gigi menurun hingga kegemukan.

Jadi, mulai sekarang mulai kurang-kurangilah mengonsumsi minuman berenergi, ya?