Bersyukur Jokowi Batal Pilih Mahfud MD sebagai Cawapres, Zulhas Berikan Alasan Lugas


    SURATKABAR.ID – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) buka-bukaan soal Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pernah mengatakan tepat sebelum pengumuman calon wakil presiden, bahwa Mahfud MH hampir pasti menjadi cawapresnya pada Pemilihan Presiden 2019.

    “Pak Jokowi itu bilang kemungkinan Pak, sudah hampir, kata Pak Jokowi ini hampir pasti Prof Mahfud,” jelas Zulkifli Hasan dalam Rapimnas KAHMI sekaligus Temu Nasional Caleg Alumni HMI yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3), dikutip dari CNNIndonesia.com.

    Zulkifli Hasan mengaku Jokowi memanggil dirinya tepat sehari sebelum pengumuman cawapres yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2019. Ia mengungkapkan ketika itu ikut diskusi panjang lebar mengenai siapa cawapres yang bakal menemani Jokowi bertanding dalam pilpres.

    Adapun dalam diskusi tersebut ada beberapa nama yang muncul. Namun demikian, ia menegaskan bahwa Mahfud MD adalah satu-satunya calon yang paling kuat yang disampaikan Jokowi. Zulkifli menambahkan, dirinya sempat menyampaikan dukungan terhadap keputusan tersebut.

    Ia mengatakan telah menyampaikan kepada Jokowi bahwa Mahfud MD adalah sosok yang dipastikan akan diterima oleh semua kalangan. “Bapak (Jokowi) kalau pilih Prof Mahfud tidak salah,” ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tersebut.

    Baca Juga: Tak Percaya Dengar Pilihan Cawapres Jokowi, Mahfud MD: Menurut Saya Itu …

    Di sisi lain ia tak menjelaskan mengapa pada akhirnya Jokowi malah batal mengumumkan nama Mahfud MD sebagai cawapresnya. Namun demikian, Zulkifli Hasan mengungkapkan gagalnya Mahfud MD menjadi cawapres Jokowi merupakan berkah baginya.

    Bukan tanpa alasan, Zulhas menilai pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang ia dukung akan mengalami kekalahan telak dalam Pilpres 2019 apabila Jokowi memutuskan untuk menunjuk Mahfud MD alih-alih KH Ma’ruf Amin.

    “Kalau Prof Mahfud kita langsung kalah. Mungkin ini jangan-jangan takdir Tuhan barangkali ya. Prof Mahfud jadi wakil Pak Jokowi tidak ada perlawanan. Kata orang Lampung, selesai tuh barang,” ujar Zulhas yang langsung mendapatkan sambutan riuh dari para peserta.

    Lebih dari itu, ia mengaku sangat baik mengenal Mahfud MD karena pernah bekerja sama.  Yakni, saat Pilpres 2014, di mana Mahfud menjadi Ketua Tim Sukses Prabowo-Hatta Rajasa. Dan dalam kesempatan diskusi dengan MPR.

    Menurutnya, Mahfud MD adalah sosok yang lurus dan hal itu membuatnya disukai oleh semua kalangan. “Tidak hanya yang Islam yang suka sama Prof Mahfud. Teman-teman yang lain juga suka. Karena memang pandangannya itu lurus, adil. Tidak ikut sana-sini, yang benar ya benar,” ujarnya.

    Berdasarkan pantauan tim CNNIndonesia, Mahfud MD yang tampak menghadiri acara tersebut hanya melempar senyum tanpa mengeluarkan tanggapan apapun ketika namanya disinggung oleh Zulkifli Hasan.

    [wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]