Rumah Mewah Ini Dijual dengan Harga Sangat Murah, Ternyata Ada Fakta Menjijikkan di Baliknya


SURATKABAR.ID – Umumnya, sebuah rumah akan dibanderol dengan harga yang lumayan tingg; bahkan untuk rumah yang paling murah sekalipun. Namun lain halnya dengan rumah mewah ini. Dijual dengan harga sangat murah, ternyata ada fakta menjijikkan di baliknya. Semua bermula saat ada satu rumah yang ditawarkan dengan harga yang murah. Padahal di Inggris, harga rumah terbilang sangat mahal.

Menukil halaman Intisari.Grid.ID, Selasa (26/03/2019), rumah semi-terpisah dengan dua kamar tidur ini dilelang dengan harga mulai £ 50.000 (Rp 936 juta) pada 3 April. Rumah itu sendiri berlokasi di pinggiran kota Birmingham Quinton.

Tentu harga itu mencuri perhatian pembeli jika dibandingkan dengan harga rumah di pasaran yang jauh lebih mahal. Lalu, apa yang membuat harga rumah ini bisa begitu murah?

Rupanya ada satu rahasia besar di dalam rumah itu yang membuatnya murah. Hal itu pulalah yang sekaligus membuat calon pembelinya akan langsung kabur.

Dikutip dari reportase Mirror pada Senin (25/03/2019), foto-foto sebenarnya kondisi dalam rumah itu memperlihatkan dengan jelas bahwa rumah itu penuh dengan tumpukan sampah. Mulai dari semua furnitur, kotak kardus, pakaian dan barang-barang lainnya yang sudah tak layak pakai alias rongsok.

Baca juga: Konmari, Metode Beres-Beres Rumah dari Jepang yang Bikin Bahagia

Namun, dalam iklan rumah calon pembeli tidak diizinkan masuk.

Sehingga dengan kata lain, siapa pun yang membeli properti tersebut harus rela menyingkirkan semua kekacauan akibat ulah pemiliknya yang terdahulu. Dan untuk membereskan semua itu, calon pembeli baru harus bersedia merelakan ribuan poundsterling untuk merenovasi rumah dan juga biaya beres-beres lainnya, demikian menurut laporan Birmingham Live.

Dengan harga awal £ 50.000, properti ini adalah yang termurah yang terdaftar di Birmingham. Bangunan ini juga terdaftar sebagai semi-terpisah dua kamar tidur.

Menurut iklan online, rumah ini terletak di lingkungan ‘populer’ tetapi ‘membutuhkan perbaikan’. Rumah ini mempunyai area dapur, kamar mandi dan toilet terpisah, serta garasi, jalan masuk dan taman yang tertutup; namun dipenuhi oleh sampah.

Iklan yang ada juga menunjukkan bahwa rumah itu akan sempurna bagi orang yang telah berkeluarga. Selain itu, rumah itu juga disebut strategis lantaran dekat dengan dua sekolah dan M5, dekat dengan jaringan transportasi yang ‘bagus’ ke pusat kota Birmingham.

Tapi, iklan rumah itu juga memperingatkan bahwa rumah akan dijual dengan semua barang yang ada di dalamnya.

Namun di dalam iklan itu, tidak ditunjukkan bagaimana kacaunya kondisi di dalam rumah tersebut, sehingga calon pembeli hanya bisa melihat bangunan rumahnya dari luar.

Sementara itu, menurut Zoopla, perkiraan biaya operasional yang diperlukan untuk bangunan tersebut adalah £ 410 (Rp7,6 juta) sebulan, jika rumah itu dijual seharga £ 50.000.