Awas! Dilakukan Tiap Hari, Ini 5 Kesalahan Fatal Saat Menyikat Gigi yang Kerap Kita Lakukan


SURATKABAR.ID – Menyikat gigi merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan setiap hari. Umumnya gigi yang sehat diukur dengan menggosok gigi sebanyak dua kali sehari. Selain itu bisa juga dengan melihat ada atau tidaknya keluhan pada gigi kita.

Namun tahukah Anda jika ternyata menyikat gigi dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi kita?

Ya, seperti yang dihimpun dari laman Jawapos.com pada Kamis (21/3/2019), kesalahan dalam menyikat gigi rupanya dapat menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan pasta gigi yang Anda pakai.

Di bawah ini adalah 5 kesalahan yang paling sering dilakukan ketika menyikat gigi, seperti dilansir Jawapos dari Instyle:

1. Menyikat ke Arah yang Salah

Menurut dokter gigi kosmetik sekaligus salah satu pendiri SmilesNY dr. Timothy Chase, seharusnya kita menyikat gigi dengan gerakan memutar kecil dan bukannya naik turun. Dan yang paling penting adalah tidak dalam gerakan bolak-balik.

Baca Juga: Catat! Bisa Jadi Sarang Kuman, Jangan Tinggalkan 7 Benda Ini di Kamar Mandi. Nomor 1 dan 3 Paling Sering Dilakukan

Pasalnya gerakan bolak-balik justru dapat mengakibatkan radang gusi yang kemudian dapat menyebabkan resesi gusi. “Menyikat silang dengan bolak-balik dengan cepat dan berulang dapat menyebabkan abrasi atau resesi gusi,” jelasnya.

2. Memilih Pasta gigi

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai pasta gigi pilihan Anda. Namun secara umum, cara yang paling aman adalah dengan menggunakan pasta gigi biasa yang mengandung fluoride, terutama apabila Anda memiliki gigi yang sensitif.

3. Menyikat Segera Setelah Makan

Tidak sedikit orang yang langsung menyikat gigi sesegera mungkin setelah mereka makan. Padahal kita harus menunggu selama 30 menit baru diperbolehkan menyikat gigi. “Anda harus menunggu setidaknya setengah jam supaya air liur di mulut Anda meremajakan gigi,” jelas dr. Chase.

Ketika kita menyikat gigi terlalu cepat, ini justru dapat menghilangkan lapisan enamel. Terlebih lagi jika kita baru saja mengonsumsi makanan super asam, seperti tomat atau jeruk. Setelah muntah (asam dari perut), juga tidak disarankan untuk langsung menyikat gigi.

Apabila kita menyikat gigi ketika kondisi pH mulut sangat rendah atau bersifat asam, hal tersebut bisa meningkatkan risiko kerusakan pada gigi.

4. Menyikat Terlalu Kuat

Bukan hanya Anda seorang yang beranggapan semakin tinggi tekanan ketika menyikat gigi, maka akan membuat gigi kita makin bersih. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Terlalu keras menyikat gigi akan melukai enamel gigi. “Tekanan ringan harus digunakan,” ungkap dr. Chase.

5. Menggunakan Sikat Gigi yang Terlalu Besar

Berbagai macam ukuran sikat gigi tersedia karena setiap mulut memiliki perbedaan ukuran. Menggunakan sikat dengan kepala yang terlalu besar akan membuat bulu-bulu sikat kesulitan mencapai sela gigi dan membersihkannya.

Pilihan yang paling baik adalah sikat gigi manual dengan kepala yang dapat membersihkan dua gigi Anda di saat bersamaan. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi listrik dengan kepaka sikat yang kecil sehingga memudahkan bulu sikat mencapai sela gigi terdalam.

Itulah kelima kesalahan fatal dalam menyikat gigi yang paling sering dilakukan. Setelah mengetahuinya, sebaiknya segera ubah kebiasaan demi kesehatan gigi dan mulut Anda, ya?