5 Definisi Bahagia dari Beragam Negara, Orang Jepang Hindari Stress dengan Cara Ini


SURATKABAR.ID – Apa makna kebahagiaan bagi dirimu? Definisi kebahagiaan tentu berbeda-beda bagi setiap orang. Berbahagia seyogyanya merupakan hak dan kewajiban setiap individu di sepanjang hidupnya. Dengan konsep dan definisi yang berbeda-beda, adalah penting untuk Kamu agar dikelilingi oleh hal dan orang yang membuatmu bahagia, serta melakukan hal yang bisa membuatmu bahagia. Barulah dengan demikian, Kamu bisa terus merasa sehat lahir batin di seumur hidupmu.

Kebahagiaan seseorang itu tergantung dari bagaimana caranya menikmati hidup agar senantiasa dijauhkan dari rasa nestapa. Sejauh ini, sudah banyak riset dan penelitian kesehatan yang membuktikan, bahwa semakin bahagia seseorang, maka semakin sehat pula dirinya dan bertambah produktif dan berkualitas pula kesehariannya.

Sehingga tak heran jika di beberapa negara besar di dunia, terdapat kementerian kebahagiaan yang bertugas untuk selalu memastikan warganya senang, sejahtera dan berbahagia penuh sukacita. Melansir dari laman Bright Side via TribunTravel, Rabu (20/03/2019), yuk intip sejumlah definisi kebahagiaan di beberapa negara di dunia.

Baca juga: Konmari, Metode Beres-Beres Rumah dari Jepang yang Bikin Bahagia

1. Shinrin-yoku, Jepang

Shinrin-yoku merupakan sebuah kegiatan untuk menikmati pemandangan alam dan menemukan kebahagiaan dengan kedamaian saat di alam terbuka.

Shinrin-yoku ini disebut sebagai metode unik untuk menghindari depresi dan stress tanpa harus mengonsumsi pil dan obat-obatan dokter.

Kamu cukup pergi ke hutan dan berdiam diri di suatu tempat yang nyaman dan asri. Lalu nikmati keindahan alamnya dengan lima indera dalam tubuhmu. Dengan begitu, Kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian.

Selain itu, Kamu juga bisa melakukan sedikit aktivitas seperti menggambar, berjalan-jalan, dan bermeditasi.

2. Lykke, Denmark

Lykke merupakan sebuah definisi kebahagiaan di Denmark yang sering dilakukan oleh para warganya. Banyak orang yang melakukan kesenangan ini setiap hari.

Biasanya, orang-orang akan pergi ke rumah tetangga dan memberikan suatu hidangan yang lezat. Selain itu warga setempat juga sering melempar senyuman kepada warga asing.

3. Pali-pali, Korea Selatan

Umumnya orang akan menyukai kegiatan yang selalu tenang dan tidak terburu-buru. Namun rupanya, hal ini tidak berlaku di Korea Selatan yang paling tidak menyukai hal lambat dan terlalu lama.

Warga Korea Selatan ternyata sangat tidak suka menunggu. Bahkan hal ini juga berlaku bagi para pengantar Pizza yang selalu menggunakan waktunya semaksimal mungkin.

Warga setempat dinilai jarang melewatkan peluang dan lebih senang belajar banyak hal secara cepat.

4. Kalsarikanni, Finlandia

Di Finlandia, orang-orang mengartikan sebuah kebahagiaan sewaktu mereka berdiam diri di dalam rumah dan minum alkohol dengan mengenakan pakaian dalam saja.

Bisanya mereka melakukannya dengan adanya selimut dan perapian hangat di dalam rumah. Tak hanya minum alkohol, jika Kamu bukan peminum, Kamu juga bisa menikmati metode kebahagiaan ala Finlandia ini dengan makan cokelat dan keripik. Seperti orang-orang Finlandia lainnya di sana.

Setelah itu lakukan juga kegiatan tambahan seperti mendengarkan musik atau menonton film favoritmu.

5. Coorie, Skotlandia

Banyak warga Skotlandia yang mendefinisikan kebahagiaan dengan berjalan-jalan bersama anjing, kucing atau apapun hewan peliharaan mereka dan menikmati keindahan alam.

Selain itu selama perjalanan selalu mendengarkan alunan musik yang indah dan berpadu dengan suara alam.

Warga setempat sepakat jika kebahagiaan sesungguhnya didapat dari interaksi dengan binatang, alam semesta dan sekitar.

Nah, bagaimana denganmu, apa definisi kebahagiaan bagimu? Jika Kamu punya metode unik lainnya untuk berbahagia, jangan sungkan bagikan di kolom komentar. Jangan lupa bahagia, ya!