Rommy Terjaring OTT KPK, Mahfud MD Blak-blakan Ungkap Fakta Mencengangkan


SURATKABAR.ID – Mahfud MD yang merupakan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) blak-blakan mengungkap fakta mecengangkan soal Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Romy) yang terjaring OTT KPK. Yang pertama, ia menegaskan bahwa dirinya tak pernah diberitahu apapun oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perihal penangkapan Romy.

Dikutip dari Medan.TribunNews.com, Rabu (20/03/2019), Mahfud MD menyampaikan hal itu dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One, yang diunggah pada channel YouTube Indonesia Lawyers Club. Adapun temanya bertajuk ‘BUKA-BUKAAN!! Prof. Mahfud MD Bicara Soal OTT Romahurmuziy Oleh KPK’, Selasa (19/3/2019).

Sebelumnya, Ahmad Yani selaku Mantan kader partai PPP mengatakan ada banyak nama yang sudah dilaporkan oleh Mahfud MD sehubungan berbagai kasus korupsi yang ditangani KPK.

Namun merespon pernyataan itu, Mahfud MD menyangkal. Ia menyebutkan dirinya tidak melaporkan dan juga tidak diberitahu oleh KPK.

Mahfud MD menjelaskan kembali bahwa dirinya tak pernah mendapat informasi secara langsung dari KPK.

Baca juga: Jokowi Sebut Romy Sebagai Kawan, Ferdinand Hutahaean Tanggapi dengan Sindiran Tajam

“Saya katakan sekali lagi, saya tidak pernah diberitahu oleh KPK tentang yang kita ributkan ini,” tegas Mahfud MD.

Lantas, Mahfud MD pun kemudian menjelaskan mengenai bagaimana ia bisa tahu soal kasus Romahurmuziy terlebih dahulu sebelum terjadi penangkapan.

“Saya pertama begini. Saya jawab, tidak benar saya itu mengatakan ‘saya diberitahu oleh KPK’. Saya tahu dari KPK, tahu dari KPK dan diberitahu oleh KPK itu beda. Tahu dari KPK itu artinya KPK sudah mengumumkan nama Romy itu sudah sering dipanggil, menjadi pemberitaan, disebut di pengadilan oleh jaksa bahwa ini ketemu Romy,” papar Mahfud MD.

Dari Hasil Pengamatan Berdasarkan Gerakan KPK

Mahfud juga mengungkapkan bahwa apa yang diketahuinya perihal kasus Romahurmuziy ini merupakan hasil pengamatannya dari gerakan KPK.

“Saudara bisa tahu sekarang, dijejak aja kapan Romy itu disebut dalam beberapa kasus. Kan sudah ada di dakwaan jaksa, dipanggil resmi, diumumkan, daftar siapa yang yang hadir sekarang ke KPK kan ada tiap hari di KPK. Dan kebetulan saya itu orang yang sering datang ke KPK juga. Ngisi pengajian di sana, khotbah di sana, seminar di sana gitu itu sering, sehingga tahu kalau datang ke sana ada wartawan ‘ada apa ini ribut-ribu?’ Lalu sebutlah ini,” beber Mahfud MD lagi.

Dari unggahan video berjudul ‘Mantan Politisi PPP Angkat Bicara Soal Penangkapan Ketua PPP Romahurmuziy Oleh KPK’ pada chanel yang sama, Ahmad Yani diminta untuk memberi tanggapannya, Selasa (19/03/2019).

Diyakini sendiri oleh Ahmad Yani, menurutnya Mahfud MD tak hanya melaporkan satu orang saja pada KPK.

“Pak Mahfud kan memberikan informasi, Mas Romy Anda kan waktu itu banyak kasus-kasus, saya gak tahu ini apa yang termasuk di KPK disebut oleh Mas Febri (Juru bicara KPK) ini laporan masyarakat ini, apa laporannya Pak Mahfud. Saya juga tidak tahu, banyak laporannya Pak Mahfud seperti itu. Tapi saya yakin Pak Mahfud tidak melapor satu orang saja,” tukas Ahmad Yani.

Saat hal itu diucapkan, Mahfud MD terlihat hanya tersenyum.

Ada pun Karni Ilyas selaku pembawa acara sempat menyela dan mengatakan bahwa Mahfud MD hanya mengingatkan.

“Dia mengingatkan tapi yang diingatkan ini bandel,” ujar Karni Ilyas sambil tertawa.

Ahmad Yani lalu kembali menjelaskan bahwa Mahfud MD sekarang tinggal menunggu KPK bergerak dari hasil laporannya.

“Maksud saya Bang Karni, Pak Mahfud ini melaporkan beberapa orang. Jadi Pak Mahfud tinggal catet aja, ini sudah selesai, ini belum ya kan,” imbuhnya menambahkan.

Acara selengkapnya dapat disaksikan dalam video berikut sebagaimana dilansir dari channel YouTube Indonesia Lawyers Club.