Ketahuan Bawa Mobil Saat Dirazia, Ini 7 Fakta Soal Pengemis di Bogor


SURATKABAR.ID – Seorang pengemis tua bermobil di Kota Bogor kini tengah menjadi viral di media sosial. Pasalnya, bapak tua tersebut kedapatan bermobil. Sempat diamankan oleh Satpol PP, pengemis yang tidak diketahui identitasnya itu kemudian dilepaskan. Bapak yang mempunyai kekurangan fisik tersebut sebelumnya sempat terjaring operasi yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Bogor saat mengemis.

Dikutip dari laporan Palembang.TribunNews.com, Rabu (20/03/2019), pria tua yang dikabarkan membawa mobil sendiri itu kerap mengemis di sekitaran simpang lampu merah Yasmin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Selengkapnya, berikut rangkuman fakta-fakta menarik seputar sosok pengemis tua tersebut.

1. Mengemis saat siang dan sore

Pengemis tua yang dikabarkan membawa mobil sendiri itu kerap kali meminta belas kasihan pengendara yang melintas di jalan KH Sholeh Iskandar dan jalan KH Abdulah bin Nur, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Ia sering terlihat mengemis pada waktu siang dan sore hari.

Pria tua itu mendekati setiap pengendara yang sedang menunggu lampu merah disekitaran simpang Yasmin atau simpang Lotte Mart Kota Bogor.

Baca juga: Dikenal Sebagai Geng Motor Paling Menakutkan, Para Pria Ini Lakukan Hal Tak Terduga pada Korban Penembakan Christchurch

2. Berpakaian lusuh

Pengemis tua yang belum diketahui identitasnya itu selalu berpakaian lusuh saat mengemis di lampu merah. Tak hanya itu, saat mengemis ia juga memakai baju koko dan kain sarung sewaktu mengemis di jalanan.

Dari pengamatan awak media di lapangan, pakaian yang dikenakannya saat mengemis tampak tak pernah ganti.

Baju kokok berwarna putih dan kain sarung bercorak kotak-kota hijau selalu digunakan oleh pengemis tua ini saat meminta belas kasihan di jalanan.

3. Bikin iba pengendara

Pengemis yang dikabarkan membawa mobil sendiri ini memang membuat iba pengendara yang melihatnya.

Ia kerap meninjukan wajah lemas saat mendekati pengendara yang sedang menunggu lampu merah.

Kondisi fisiknya yang cacat dimanfaatkan pengemis ini untuk mengharapkan belas kasihan dari pengendara.

4. Ada cacat di wajah

Wajah pengemis tua ini memang mempunyai cacat di bagian wajah. Di bagian wajahnya tampak berlubang cukup besar. Belum diketahui pasti penyebab cacat wajah pengemis ini.

Namun, hal itulah yang membuat pengendara selalu berbelas kasihan sehingga memberinya uang.

5. Dilepaskan Satpol PP

Pengemis tua ini sebenarnya kepergok petugas Satpol PP Kota Bogor yang tengah melakukan penertiban saat itu. Penertiban Satpol PP ketika itu terkait penertiban alat peraga Kampanye yang dipasang tanpa izin.

Namun, petugas membiarkan pengemis tua tersebut pergi. Bahkan, dalam foto yang beradar viral di media sosial tampak terlihat petugas Satpol PP berdiri tidak jauh dari pengemis yang hendak membuka pintu mobil bercat hijau itu.

Menurut Kasatpol PP Kota Bogor, Herry Karnadi mengungkapkan, kepergoknya pengemis bermobil itu ketika petugas Satpol PP melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) di sepanjang Jalan Raya KH Abdullah Bin Nuh (Yasmin) pada, Senin (18/03/2019) kemarin.

“Itu Kemarin (Senin, red) saat anggota melakukan penertiban APK bertemu dengan orang itu. Tapi, kemarin hanya diusir saja karena posisi anggota sedang penertiban bersama Bawaslu,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (19/03/2019).

6. Satpol PP akan lakukan pendalaman

Kabid Dalops Satpol PP Kota Bogor Dimas Tiko membenarkan jika pria itu merupakan seorang pengemis yang sering meminta-minta di jalan.

“Kalau terkait yang bersangkutan pengemis betul adanya, lokasi biasanya di sekitaran simpang lampu merah yasmin atau simpang Lotte Mart,” ujarnya saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com, Selasa (19/03/2019).

Namun mengenai dugaan pengemis bermobil pihaknya belum bisa memberikan keterangan.

“Kalau terkait mobil dan sebagainya kami masih lakukan validasi dan pendalaman, insyaallah nanti kita share kembali,” tukasnya.

7. Lampu Merah jadi tempat pangkalan pengemis

Dari pengamatan TribunnewsBogor.com, lampu merah di Kota Bogor kerap kali menjadi langganan para pengemis untuk meminta-minta.

Salah satunya lampu merah yang berlokasi di sekitaran simpang lampu merah Yasmin bukan hanya sosok pria tua saja yang terlihat pengemis disana. Namun, ada juga sejumlah wanita yang mengemis di sekitaran lampu merah itu. Mirisnya lagi, para wanita ini membawa bayi kecil untuk meminta-minta di jalanan.