PPP Ungkap Asal Usul Uang yang Disita KPK dari Ruang Kerja Menag Lukman Hakim


SURATKABAR.ID Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah dokumen dan ratusan juta dari ruangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan jika Menag Lukman Hakim telah memberikan penjelasan kepadanya perihal asal usul uang tersebut.

Asrul mengatakan jika menurut Menag Lukman Hakim, uang tersebut adalah honor pribadi yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Betul (begitu penjelasan beliau kepada saya),” ujar Arsul saat dimintai konfirmasi, Selasa (19/3/2019), seperti dilansir tempo.co.

Baca Juga: Geledah Ruang Kerja Menag Lukman Hakim, KPK Sita Uang Ratusan Juta

Seperti diketahui jika penyidik KPK menggeledah ruangan Lukman di Kementerian Agama. Sejumlah uang disita, namun KPK belum memastikan nilai uang itu. Selain uang, penyidik juga menemukan sejumlah dokumen tahapan dan hasil dari seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan jika pihaknya membuka peluang untuk memanggil Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus jual beli jabatan di Kemenag yang menjerat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Rommy).

“Kemungkinan itu terbuka ya sepanjang dibutuhkan penyidik. Apalagi ada beberapa dokumen dan uang yang diamankan atau disita dari ruang Menteri Agama hari ini,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019), dikutip dari detik.com.

KPK menyita sejumlah dokumen dan uang ratusan juta dari hasil penggeledahan ruang Menag, ruang kerja sekjen dan ruang biro kepegawaian Kemenag.