#SlankMakanDuitRakyat Jadi Trending, Netizen Geram 18 Milyar Dihamburkan Untuk Apel Kebangsaan


SURATKABAR.ID – Sejak Sabtu (16/03/2019), hashtag atau tanda pagar (tagar) #SlankMakanDuitRakyat jadi trending topic di media sosial Twitter. Tagar itu heboh seiring dengan kabar band Slank yang akan menjadi salah satu pengisi acara dalam apel kebangsaan bertajuk ‘Kita Merah Putih‘, di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang pada hari ini, Minggu (17/03/2019).

Sejumlah netizen menuding acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Jawa Tengah (Jateng) itu disebut menghabiskan dana besar mencapai Rp18 miliar. Mereka lantas menjadi geram lantaran dana tersebut berasal dari uang rakyat alias Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang malah dihamburkan.

Salah satu yang mengkritik apel kebangsaan itu ialah putri Amin Rais, Hanum Salsabila Rais. Ia berpendapat, dana sebesar itu lebih berharga jika dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan. Demikian sebagaimana dikutip dari Viva.co.id, Minggu (17/03/2019).

Bahkan jika pun Prabowo Sandi diundang, kami sebagai rakyat TIDAK AKAN RELA. Serupiahpun dari uang rakyat itu lebih berharga untuk membiayai pendidikan-kesehatan mereka dibanding hura-hura belaka. #SlankMakanDuitRakyat,” tulisnya.

Baca juga: Romahurmuziy Kena OTT KPK, Rakyat Twitter Ramaikan Tagar #RommyJumatanDimana

Netizen lainnya juga menulis bahwa apel itu hanya buang-buang uang rakyat.

Daerah termiskin ke-2 nasional. Daerah nya buang buang uang gak jelas.. #SlankMakanDuitRakyat,” tulis lainnya.

Sementara dalam apel terkait, Slank ingin menyatukan anak bangsa, nasionalisme dan virus kedamaian melalui lagu-lagu mereka. Karena itu, ia mengajak seluruh eleman masyarakat hadir dengan penuh solidaritas dan kegembiraan.

Slank diketahui tampil selama 55 menit dari pukul 08.05 WIB. Menurut targetnya, acara apel itu bisa menghadirkan 130 ribu orang dari berbagai elemen masyarakat. Sejumlah tokoh turut hadir seperti Habib Luthfi bin Yahya, KH Maimoen Zubair, KH Munif Zuhri, Gus Muwafiq dan Mahfud MD.

Berdasarkan agendanya, akan hadir juga Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, tokoh lintas agama dan artis nasional, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma sampai Slank.

Kritikan Netizen

Lebih lanjut, menukil CNNIndonesia.com, lewat tagar #SlankMakanUangRakyat, warganet menggemakan kritik kepada band yang dikenal cukup vokal untuk menyuarakan kondisi sosial.

“Mau ikutan tuit tagar #SlankMakanDuitRakyat ah soalnya ngaku merakyat tapi kok duit anggaran buat rakyat dipakai juga yak,” tulis salah seorang netizen.

“Sejak booming-nya aksi 212 mendadak banyak giat yang menamakan “Apel Kebangsaan”. Ceritanya mau saingan neh? Saingan kok pake duit negara Bos? #SlankMakanDuitRakyat,” imbuh pemilik akun @itsfebyao.

“Seniman itu biasanya peka, mudah tersentuh hatinya dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Apakah penikmat seni akan “happy” dengan seniman yang menikmati hak rakyat yang jauh lebih membutuhkan? For me… ITS A BIG NO!! What about you?” tulis @wendy_diana.