Bersalaman dengan Miss Universe, Jokowi Salah Tingkah Sampai Videonya Viral


SURATKABAR.ID – Ada yang menarik dari kunjungan Miss Universe 2018 dan 44 orang finalis dari Puteri Indonesia 2018 ke Istana Bogor, Jawa Barat, pada Senin (11/03/2019). Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) tampak salah tingkah dan bahkan tersipu saat bersalaman dengan Catriona Elisa Magnayon Gray, sang Miss Universe 2018. Momen tersebut berhasil  diabadikan dalam sejumlah foto maupun video yang kini jadi viral di media sosial.

Lewat akun Instagramnya, Catriona juga turut membagikan video saat dirinya bersalaman dengan Presiden Jokowi. Jokowi mengulurkan tangannya lebih dulu sebelum Catriona masih berjalan ke arah Jokowi. Menariknya saat keduanya bersalaman Jokowi tampak sempat kaget dan sempat salah tingkah, demikian sebagaimana juga diulas dalam laporan Tempo.co, Selasa (12/03/2019).

“Catriona bertemu dengan Presiden Indonesia, lihatlah ekspresinya, merupakan sebuah kebanggaan,” tulis akun tersebut melengkapi cuplikan video pendek Catriona bersama Jokowi.

Sesaat begitu tangannya berjabat dengan Catriona, Jokowi sempat menutup mulutnya. Tingkah Jokowi tak pelak mengundang tawa sejumlah tamu dan juga media yang hadir di acara itu.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sebanyak 44 finalis Puteri Indonesia 2018 dan Miss Universe 2018. Catriona Gray yang berasal dari Filipina.

Baca juga: Survei Internal BPN, Prabowo-Sandiaga 48% dan Jokowi-Ma’ruf 46%

View this post on Instagram

WATCH: Catriona meets the President of Indonesia! Look at his reaction 😂 What an honour!! ❤️ . . . #catrionagray #missphilippines #missindonesia #missuniverse #missuniverso #missuniverse2018 #puteriindonesia

A post shared by Catriona Gray (@catrionauniverse) on

Sebelumnya, Catriona Gray menghadiri Malam Pemilihan Putri Indonesia 2019 yang berlangsung pada Jumat (08/03/2019), di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Ini merupakan ajang pemilihan Putri Indonesia ke-23 yang diselenggarakan Yayasan Putri Indonesia dan Mustika Ratu, yang mengusung tema Colorful West Nusa Tenggara.

Sebelum pertemuan, Jokowi dan para finalis Puteri Indonesia serta Miss Universe Catrion Gray berfoto bersama di tangga pintu utama Istana Bogor. Pada sesi foto itu, ke-44 finalis Puteri Indonesia dan Catriona Gray sudah berbaris di anak tangga. Jokowi datang dari dalam Istana Bogor keluar dan bergabung bersama para wanita tersebut di anak tangga.

Kehadiran Jokowi disambut salam oleh para Puteri Indonesia. “Pak, saya belum salaman,” tutur salah seorang finalis Puteri Indonesia, melansir Detik.com.

Hadir juga pimpinan Yayasan Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo dalam sesi foto itu. Foto sesi pertama, Jokowi berada di tengah. Ia diapit oleh Mooryati dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Putri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani. Para finalis berbaris di belakang Jokowi.

Foto sesi kedua, Jokowi diapit oleh Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull dan Miss Universe 2018 Catriona Elisa Magnayon Gray. Para finalis lainnya berbaris di belakang.

Usai sesi foto, Jokowi masuk ke Ruang Teratai Istana Bogor. Presiden berdiri, kemudian satu persatu para finalis Puteri Indonesia masuk menyalami Jokowi. Saat asyik menyalami dan menyapa finalis Puteri Indonesia, Jokowi sempat tak sadar tamu berikutnya yang dia salami adalah Miss Universe Catriona Gray.

“Yang ini dari mana?” tanya Jokowi.

Jokowi langsung tersadar bahwa yang dia tanyai adalah Miss Universe, dia langsung tertawa.

“Eh, yang ini Miss Universe,” kata Jokowi tersenyum. Catriona Gray pun tampak tersenyum dan menyalami Jokowi.

Jokowi menanyakan satu persatu asal para finalis. Selanjutnya, Jokowi mengadakan pertemuan di Ruang Garuda Istana Bogor.

“Ini adalah tamu besar kita Miss Universe 2018 Catriona dari Filipina,” kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Putri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga turut hadir mendampingi Presiden Jokowi.

Dibekali Pengetahuan Anti-Hoax

Dikutip dari Kumparan.com, kompetisi pemilihan Puteri Indonesia dengan tema “Satu Indonesia” telah berakhir pada 8 Maret yang lalu. Dari pemilihan itu, 3 orang ditetapkan sebagai pemenang. Juara pertama, Frederika Alexis Cull dari DKI Jakarta. Juara kedua, Jolene Marie Cholock Rotinsulu dari Sulawesi Utara. Dan juara ketiga, Jesika Fitriana Martasari dari Jawa Barat.

Setelah sesi foto, Jokowi lantas mengumpulkan mereka di ruang utama untuk pertemuan tertutup dan berdialog terkait berbagai hal.

Dalam sambutannya, Putri Kuswisnu menyampaikan kepada presiden finalis Putri Indonesia berasal dari 34 provinsi yang telah dibekali berbagai pengetahuan oleh pakar selama masa karantina.

“Selama 10 hari masa karantina mereka dibekali oleh para pakar di bidangnya. Antara lain pembekalan anti korupsi dari KPK, kemudian antinarkoba. Yang tidak kalah penting adalah pembekalan anti hoaks,” beber Putri.

“Jadi kami undang direktur cyber crime dari kepolisian RI untuk membekali anak-anak ini dengan pengetahuan saat ini sedang marak sekali penyebaran hoaks yang tidak terkendali,” paparnya.

Milennial Jangan Golput

Selain itu, para finalis juga diberikan pengetahuan soal ilmu politik. Mereka diberi pengetahuan pesta demokrasi harus dihadapi secara bijaksana dan pastinya harus menyalurkan hak pilihnya saat hari pelaksanaan pencoblosan.

“Ini generasi milenial. Mereka kita tanamkan pengetahuan jangan sampai mereka ini golput. Mereka harus menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara,” tandasnya, dilansir dari Manado.TribunNews.com.

Usai Putri menyampaikan kata sambutan, pertemuan dilanjutkan dengan sesi tertutup dari awak media. Putri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull menyebut dalam pertemuan tertutup itu Presiden Jokowi banyak bicara soal generasi milenial.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan bertemu presiden Joko Widodo. Kita sempat bicara tentang program, terutama fokus dia kepada generasi milenial, karena generasi ini sangat penting buat masa depan Indonesia, agar masa depan kita bisa menjadi lebih maju, kuat,” tutur Frederika seusai pertemuan.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.