Dulu Dipandang Sebelah Mata, Sekarang Buah Ini Dijual dengan Harga Fantastis


via doktersehat.com

SURATKABAR.ID – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki musim cukup baik untuk pertumbuhan berbagai jenis flora dan fauna. Tak heran kalau Indonesia memiliki beragam jenis flora dan fauna langka yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun.

Iklim dan suhu udara yang stabil membuat berbagai macam tumbuhan bisa hidup dengan baik. Kondisi tanah yang subur dan banyaknya gunung api aktif juga menjadi faktor pendukung kesuburan berbagai jenis tumbuhan di Indonesia.

Salah satu tumbuhan langka yang hanya ditemukan di Indonesia adalah matoa. Tumbuh liar sebagai tanaman hutan di beberapa wilayah Indonesia, matoa memang tidak begitu mendapat perhatian. Bahkan di beberapa wilayah, matoa dianggap sebagai tumbuhan liar yang tidak memiliki manfaat.

Baca Juga: Meski Kekayaanya Melebihi Syahrini, Artis Satu Ini Tak Pernah Pamer

Seperti yang dilansir dari grid.id, kerap dipandang sebelah mata lantaran tumbuhan liar di hutan, buah matoa memang tidak begitu mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka, kalau buah yang bisa hidup liar tanpa perawatan tersebut kini justru menjadi salah satu jenis buah langka dan dijual dengan harga fantantis.

Bukan tanpa alasan, manfaat matoa yang cukup banyak bagi kesehatan membuat buah langka tersebut kini menjadi buronan banyak orang. Beberapa pakar kesehatan bahkan kini mulai mengembangkan pertumbuhan buah matoa agar tidak punah dimakan waktu.

via hallosehat.com

Menurut beberapa sumber, Mayjen Purnawirawan Winston P Simanjuntak, Dewan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menjelaskan jika matoa adalah salah satu buah langka yang berasal dari Indonesia.

Matoa itu buah yang berasal dari Papua dan ini sudah mulai langka, padahal rasanya manis,” katanya saat menghadiri sebuah acara.

Usut punya usut, harga buah khas tanah Papua ini bisa dijual seharga Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram. Malah jika pada saat tertentu harganya bisa tembus Rp 115 ribu per kilogram. Selain langka, tanaman ini juga hanya akan berbuah setahun sekali, tepatnya pada bulan September-November.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Dulu Dipandang Sebelah Mata, Buah Langka ini Sekarang Dijual dengan Harga Milyaran Rupiah!

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler


Berita sebelumyaDebat dengan Ma’ruf Amin, Sandiaga Akan Ungkit Nasib Guru Honorer
Berita berikutnyaSurvei Internal BPN, Prabowo-Sandiaga 48% dan Jokowi-Ma’ruf 46%