Dulu Ngakunya Tajir Melintir, Istri Zumi Zola Terpaksa Lakukan Ini Setelah Suaminya Dibui


SURATKABAR.ID – Zumi Zola, Gubernur non aktif Jambi, telah didakwa Jaksa Penuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena telah menerima gratifikasi hingga sebesar Rp 44 Miliar pada Kamis (23/08/2018) tahun lalu. Dan kini, mantan Gubernur Jambi yang dulu juga dikenal sebagai aktor peran itu telah divonis 6 tahun penjara. Lantas, apa kabar dengan istrinya?

Sebelumnya, dilansir dari Sripoku.com via TribunNews.com, Jumat (08/03/2019),  informasi mengenai Zumi Zola itu dibenarkan oleh Jaksa Penuntut KPK saat membacakan nota dakwah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Bangur, Jakarta.

“Sebagai penyelenggara negara terdakwa telah melakukan atau turut serta melakukan menerima gratifikasi menerima uang,” tukas Jaksa Penuntut KPK Rini Triningsih, saat membacakan dakwaan Zumi Zola.

Sewaktu pembacaan dakwaan itu, terungkaplah bahwa uang gratifikasi tersebut tak hanya dinikmatinya sendiri. Zumi Zola mengaku ia membagikan uang itu pada beberapa anggota keluarganya. Dalam dakwaan itu, terbongkar bahwa Zumi Zola memberikan uang hasil gratifikasi kepada ibunya, Harmina Djohar, dan istrinya, Sherrin Tharia. Pemberian uang itu dilakukan melalui orang kepercayaan Zumi Zola, Asrul Pandapotan Sihotang.

“Asrul Pandapotan Sihotang pada bulan September 2017 dan bulan Oktober 2017 di Pondok Labu, Jakarta Selatan atas permintaan terdakwa memberikan uang kepada Harmina Djohar (ibunda terdakwa) melalui orang kepercayaannya yang bernama Adi yakni sejumlah Rp 200 juta dan Rp 100 juta,” beber jaksa penuntut KPK saat membacakan dakwaan, menukil TribunNews.com.

Baca juga: Luput dari Perhatian, Begini Kehidupan Ibu Nia Ramadhani yang Anaknya Jadi Sosialita

Cara yang sama pun dilakukan Zumi Zola kepada istrinya. Melalui Asrul Pandapotan Sihotang, Zumi Zola berhasil memberikan Sherin uang gratifikasi tersebut. Uang gratifikasi itu ternyata digunakan Sherin untuk membayar belanjaan melalui online shop.

“Asrul Pandapotan Sihotang pada tanggal 27 September 2017, 4 Oktober 2017, 18 Oktober 2017 membayar belanja online Sherrin Teria dengan cara setor tunai ke Rekening Bank BCA atas nama Wilina Chandra yakni masing-masing sejumlah Rp 19.700.000, Rp12.550.000, Rp 4.000.000,” beber jaksa.

Selain itu, dalam dakwaan disebutkan bahwa Zumi Zola juga pernah memberikan uang sejumlah Rp 20 juta untuk tim media yang diterima oleh Sherrin.

Menukil TribunSeleb, ditinggal suami yang kini mendekam di penjara istri Zumi Zola pun sempat curhat di Instagramnya. Sherrin Tharia mengatakan kekayaannya sudah ada dari kakeknya. Sherrin Tharia dan Zumi Zola tak langsung kaya setelah suaminya menjabat sebagai gubernur.

Berjualan Jilbab

Mengaku kaya raya, namun rupanya istri Zumi Zola, Sherrin Tharia ini kini malah dikabarkan berjualan jilbab guna menyambung hidup. Tak hanya itu saja, mengutip TribunBogor, setelah suaminya ditahan KPK, Sherrin Tharia sempat mengunci akun Instagram miliknya.

Namun belum lama ini, Ia membuka akunnya dan terlihat aktif kembali. Unggahan pertama darinya setelah suaminya ditahan adalah video rekaman saat ia datang ke acara sekolah anaknya. Di sana, anaknya tampak bermain peran di atas panggung.

Ia juga kembali mengunggah video dan foto di Instagram Story. Pada Selasa (18/09/2018) lalu, Sherrin mengunggah video deretan kue manis. Di antaranya ada roti, pastry, hingga pie buah. Sepertinya Ia membuat sendiri kue-kue tersebut. Namun kue-kue itu bukan untuk dijual, melainkan untuk dikonsumsi olehnya sendiri.

Bukti mampu menjadi seorang istri yang baik meski suami sedang terkena kasus, Sherrin tetap menemani anak-anaknya makan di mall. Seperti unggahan terbarunya dalam Instagram Story. Dalam unggahan itu, tampak ia menemani kedua anaknya ke pusat perbelanjaan.

Sang putra tampak menikmati crepes yang dipesan oleh Sherrin. Sementara sang bungsu terlihat duduk manis di sebuah restoran. Sherrin tampak tak kesulitan menjaga putra putrinya tersebut. Justru ia terlihat ceria karena kedua anaknya makan dengan lahap.

Minta Brankas dan Villa Dikembalikan

Lebih lanjut, Zumi Zola sempat meminta pada hakim dalam sebuah persidangan agar uangnya yang disita bisa dikembalikan. Melansir GridHot.ID, Zumi Zola beralasan ada sejumlah uang yang disita namun bukanlah uang hasil korupsi. Ia meminta agar brankas miliknya yang disita KPK dan villa milik keluarganya di Jambi bisa dikembalikan. Alasannya karena dua hal itu tak ada sangkut pautnya dengan kasus yang menyeretnya ke meja hijau.

Dalam persidangan kasusnya dengan agenda pemeriksaan terdakwa, Senin (29/10/2018) di Pengadilan Tipikor Jakarta itu, Zumi Zola membeberkan apa saja isi brankas tersebut dan asal usulnya.

“Isinya dalam brankas ada sejumlah uang dalam pecahan rupiah, dollar AS dan dollar Singapura,” ujarnya.

Ia memaparkan uang poundsterling yang ada didapatkannya dari sisa kuliah sewaktu mengambil S2 di London. Sedangkan dollar Singapura merupakan uang pemberian sang ayah ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jambi. Dan uang Rupiah ialah uang sebelum dirinya maju dalam Pilgub Jambi. Bahkan uang honor saat dirinya masih menjadi artis ibu kota juga turut disimpannya di dalam brankas tersebut. Uang hasil keringatnya itu ada yang dalam bentuk Rupiah dan juga Dollar.