Terbukti Efektif! Ini 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Luka Bakar yang Kacaukan Penampilan


    SURATKABAR.ID – Luka bakar di kulit sangatlah mengganggu penampilan dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika luka bakar itu berada di tempat yang terbuka. Untuk menghilangkannya kita memang bisa mengambil tindakan medis. Namun ternyata ada cara alami yang ekonomis.

    Cara alami memang tak langsung memberikan hasil, akan tetapi tidak ada risiko kesehatan yang membayanginya. Berikut 5 tips menghilangkan bekas luka bakar pada kulit dengan bahan alami, seperti yang dirangkum Tribunnews.com dari laman Boldsky, Selasa (4/3/2019):

    1. Madu

    Bahan alami pertama yang ampuh memudarkan luka bakar adalah madu. Cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan madu mentah dengan sedikit kunyit. Aduk hingga membentuk pasta lembut. Aplikasikan campuran tersebut pada bagian luka dan biarkan hingga kering selama 10-15 menit.

    Setelah kering, bersihkan dengan tisu atau handuk basah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari. Madu adalah bahan yang berfungsi mempercepat penyembuhan luka, seperti bisul, luka yang terinfeksi, hingga luka bakar.

    2. Lidah Buaya

    Dibekali sifat anti-inflamasi dan penyembuhan luka, lidah buaya bisa membantu mengobati luka bakar, menyamarkan bekas luka bakar dan menenangkan kulit yang teriritasi. Campur 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air mawar.

    Baca Juga: Patut Dicoba, Inilah 7 Manfaat Tak Terduga dari Teh Celup Bekas

    Oleskan ramuan alami tersebut dan aplikasikan pada luka sambol dipijat lembut sekitar 5 hingga 10 menit. Diamkan semlama 10-15 menit dan bersihkan dengan air. Cara ini bisa Anda ulangi sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

    3. Kunyit dan Susu

    Anti-inflamasi dan antiseptik di dalam kunyit bisa membantu mengatasi bekas luka bakar. Sementara susu menenangkan kulit yang iritasi dan menghilangkan bekas luka. Siapkan 2 sendok makan susu mentah dan sedikit kunyit.

    Campur hingga kedua bahan menyatu sempurna. Ambil bola kapas dan celupkan ke campuran tersebut kemudian oleskan di bagian yang sakit. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan diamkan 5 menit. Cuci hingga bersih dengan air atau handuk basah. Ulangi dua kali sehari.

    4. Tomat, Putih Telur dan Yogurt

    Dikemas dengan khasiat yang kaya, tomat terbukti bisa membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas luka. Ditambah dengan yogurt dan putih telur yang juga membantu menyamarkan bekas luka bakar pada kulit.

    Siapkan pasta tomat, yogurt, dan putih telur dengan perbandingan 1:1:1 lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran tersebut sambil dipijat-pijat. Biarkan selama 15 menit baru Anda bisa membersihkannya dengan air dingin. Lakukan sebanyak dua kali sehari.

    5. Kentang

    Jenis sayuran satu ini dikenal dapat mengeluarkan panas dari tubuh. Tak heran kentang menjadi pilihan unggulan untuk mengatasi luka bakar. Siapkan satu buah kentang rebus. Kupas dan potong menjadi dua. Gosokkan sepotong kentang di bagian luka.

    Pijat selama 5 hingga 10 menit dengan gerakan lembut lalu basuh menggunakan air dingin. Anda juga bisa menggosokkan kulit kentang pada kulit yang terkena luka bakar untuk membantu meringankan bekas luka. Lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk hasil memuaskan.

    Selamat mencoba!