Ngeri! Sempat Bikin Gempar Dunia, Ini Daftar Temuan Makhluk Paling Misterius


SURATKABAR.ID – Dunia yang luas ini masih menyimpan misteri besar penuh tanda tanya. Tak sedikit makhluk asing yang tak pernah dilihat sebelumnya akhirnya ditemukan. Dan biasanya mereka dikait-kaitkan dengan hal-hal berbau mistis, seperti alien.

Penemuan makhluk misterius berkali-kali terjadi di berbagai negara di dunia. Sebagian besar wujudnya seperti hewan, sementara sebagian yang lain mirip tumbuhan. Bahkan tak jarang makhluk misterius yang ditemukan ini sama sekali tak dapat digambarkan.

Di bawah ini adalah lima makhluk misterius yang pernah ditemukan dan sukses bikin gempar masyarakat dunia, seperti yang dikutip Liputan6.com pada Sabtu (2/3/2019) dari berbagai sumber. Siap-siap merinding!

1. Makhluk Mirip Ayam di Australia

Ilmuwan dari Divisi Antartika Australia (AAD) berhasil mengambil rekaman makhluk sejenis teripang langka pada Oktober 2018. Makhluk ini dikenal juga dengan sebutan ‘monster ayam tanpa kepala’. Penemuan tersebut otomatis menandai pertama kalinya makhluk itu terlihat di Samudera Selatan.

Seperti yang dikutip Liputan6.com dari ABC Indonesia, teripang laut bernama ilmiah Enypniastes eximia alias ‘monster ayam tanpa kepala’ ini berhasil terekam kamera bawah laut milik AAD yang baru, yang dikerahkan kapal penangkap ikan yang beroperasi di Antartika.

Baca Juga: Seram! Inilah Deretan Foto Makhluk Laut Berbentuk Aneh dan Menakutkan

Ilmuwan peneliti di AAD, Dirk Welsford mengungkapkan organisme tersebut ditemukan sedang mengambang sekitar tiga kilometer di bawah permukaan air, tepatnya di lepas pantai Pulau Heard, Australia.

2. Makhluk Mirip Cacing Raksasa di Selandia Baru

Masih di bulan dan tahun yang sama, makhluk misterius kembali ditemukan. Kali ini sepasang penyelam di lepas pantai utara Selandia Baru sukses dibuat takjub dengan penemuan mereka, berupa makhluk seperti cacing raksasa dengan ukuran lebih dari 8 meter.

Para penyelam itu pun langsung merekam makhluk laut berbentuk aneh itu ketika tengah bergerak di bawah air. Dalam video yang luas beredar tampak makhluk berongga menyerupai persilangan kaus kaku angin dengan acar pink yang mengambang perlahan di kedalaman sekitar 10 meter.

Rekaman video diambil oleh Steve Hathway bersama Andrew Buttle ketika mereka melakukan penyelaman di perairan lepas pantai Whakaari. Lokasi tersebut merupakan stratovolcako aktif yang berada di sebuah pulau di ujung utara Selandia Baru.

3. Makhluk Misterius dengan Tentakel di Pantai Vietnam

Makhluk misterius tahun lalu di pantai di Vietnam selatan yang muncul langsung menggemparkan penduduk setempat. Pasalnya wujudnya sangat tidak biasa. Ada ratusan tentakel makhluk laut berwarna hitam kecoklatan yang tampak menggeliat usai ditangkap pemandu wisata di Provinsi Kien Giang.

Du Nam Du, pria yang melihat makhluk misterius itu meletakannya di atas meja hijau agar pengunjung pantai dapat mengamati dengan lebih jelas bentuk dan pergerakan makhluk aneh tersebut. “Saya tidak tahu apakah itu hewan, tumbuh-tumbuhan atau sesuatu yang lain,” katanya dikutip dari Daily Mail.

Kim Tho, penduduk lokal mengatakan, “Ini monster. Suatu hari akan kembali dari lautan. Ini akan 10 kali lebih besar.”

Meski masih kebingungan soal jenisnya, makhluk dengan wujud aneh tersebut lalu kemudian dilepaskan ke laut. Menurut para ahli, makhluk tersebut mungkin bagian dari rumput laut. Ada puluhan tentakel yang lebih kecil di setiap cabangnya, yang menggeliat ke arah berbeda.

4. Bangkai Makhluk Misterius di Pantai Inggris

Pada Mei 2018, seorang wanita berusia 41 tahun dikejutkan dengan keberadaan monster misterius di Pantai Rhossili, Gower, Inggris. Monster tersebut memiliki kepala panjang, rahang raksasa dengan ekor ramping. Ia lalu mengabadikannya dengan kamera dan menyerahkan foto-foto tersebut ke para ahli.

Sejauh ini, ahli kelautan belum berhasil mengidentifikasi makhluk misterius tersebut. Namun menurut perkiraan, makhluk yang sudah menjadi bangkai itu adalah sejenis paus, lumba-lumba, atau porpoise.

“Aku tengah lari dengan anjing ketika menemukan makhluk misterius itu. Tampak seperti cetacean yang sudah lapuk bagiku. Orang lain pikir itu adalah sesuatu yang berbeda, seperti buaya. Akan sangat menarik untuk mengetahui spesies apa itu,” ungkap Jannetta, sang penemu kerangka makhluk itu.

5. Makhluk Berukuran Pesawat Jet Tempur

Pada 2017, tepatnya bulan September, penduduk Filipina dihebohkan dengan temuan makhluk misterius yang terdampar di pesisir laut mereka. Temuan tersebut berawal mula ketika penduduk lokal bernama Nujnuj Capistrano berjalan-jalan di sekitaran pantai.

Ketika itu ia menyempatkan diri berfoto dan kemudian mendapati ada hal aneh berukuran besar di pesisir. Ia pun langsung melaporkan temuannya ke pihak berwenang di pantai. “Saya sedang melintas dan mengambil foto-foto, tak ada perincian lain,” ungkapnya.

“Saya kaget karena bangkai itu amat besar. Itulah pertama kalinya saya melihat makhluk seperti demikian. Saya tidak tahu apa yang mereka (pihak berwenang) lakukan dengan bangkai itu. Satu hal yang jelas adalah makhluk tersebut sudah mati ketika saya melihatnya,” jelasnya kemudian.

Ahli kesulitan mengenali makhluk tersebut, menurut Julius Alpino dari Bureau of Fisheries and Aquatic Resources, kondisi bangkainya sudah terlalu busuk. Seperti yang diungkapkan Nujnuj, bau bangkainya sangat busuk, “Baunya busuk sekali. Saya tidak bisa menjelaskannya, tapi baunya amat busuk.”

Meski kesulitan, besar kemungkinan bahwa makhluk yang panjangnya seperti epsawat jet tempur itu merupakan paus. Pihak berwenang kota, disebutkan segera menyeret makhluk sepanjang 10 meter itu kembali ke laut. Pasalnya, selain tak bisa dikubur lantaran terlalu besar, aroma busuknya juga mengancam kesehatan.