Darurat! Ini Daftar Negara dengan Tingkat Krisis Air Bersih Paling Genting di Dunia, Indonesia Termasuk?


    SURATKABAR.ID – Air merupakan satu hal paling vital yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup di dunia. Mulai dari minum, memasak, mandi, hingga mencuci. Tanpa air di bumi, manusia akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.

    Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang juga mengalami masalah air bersih, meski hanya di sejumlah daerah. Ada banyak negara yang tak seberuntung Indonesia. Kondisi air bersih mereka sudah masuk ‘lampu merah’.

    Saking parahnya, krisis air bersih di negara-negara tersebut bisa sampai membuat manusia kehilangan nyawa. Berikut ini 5 negara dengan krisis air bersih paling mengerikan di dunia, seperti yang dilansir Liputan6.com dari laman Seametrics.com, pada Jumat (16/11/2018):

    Libya

    Tak hanya pergolakan politik yang mewarnai negara satu ini, Libya juga ternyata tengah mengalami masalah pasokan air bersih. Padahal masyarakat di negara yang dikenal tandus ini sangat membutuhkan air bersih sebagai sumber kehidupan mereka sehari-hari.

    Sayangnya masyarakat sangat kesulitan mengakses sumber air di Libya. Belum lagi ditambah dengan perubahan rezim yang bertindak sesuka hati dan memutus aliran air di beberapa wilayah, termasuk salah satunya dialami Ibu Kota Tripoli.

    Baca Juga: Kritis! Gunung Es 11 Juta Ton Mencair, Potensi Tsunami Dahsyat?

    Tak hanya itu saja. Ternyata permasalahan yang menyerang masyarakat Libya juga termasuk kekacauan lantaran begitu banyaknya warga mereka yang terpaksa berjuang untuk tetap hidup tanpa bahan bakar dan juga makanan.

    Sahara Barat

    Digambarkan sebagai gurun lantaran namanya, negara satu ini sebenarnya merupakan rumah bagi ribuan pengungsi yang mengalami penderitaan. Hal tersebut terjadi karena mereka tak memiliki pasokan makanan dan air bersih secara terus-menerus disebabkan konflik berkepanjangan di negara ini.

    Djibouti

    Negara di kawasan Afrika Timur ini rupanya sudah sejak lama menjadi target bantuan kemanusiaan dari organisasi UNICEF dan juga UNHCR. Salah satu bantuan yang disalurkan organisasi dunia ini adalah bantuan air bersih.

    Diselimuti dengan oklim yang panas, belum lagi ditambah dengan insfrastruktur negara yang buruk menjadi masalah yang tak kunjung terselesaikan. Maka bukan hal yang mengejutkan jika ada seorang warga harus meregang nyawa karena kondisi hidup yang begitu kejam ini.

    Yaman

    Konflik bersarang di negara ini. Teroris dari kawasan Timur Tengah memilih Yaman sebagai titik utama mereka. Tak sedikit warga Yaman yang tak bisa melepaskan diri dari bergantung pada negara lain untuk memenuhi pasokan air bersih mereka.

    Selain faktor konflik, Yaman juga mengalami masalah pasokan air bersih dan juga sumber air. Masalah ini semakin diperparah dengan pertikaian politik yang kerap terjadi. Beberapa ahli memprediksi Ibu Kota Sanaa di Yaman bakal jadi kota besar di dunia yang kehabisan pasokan air pertama kali.

    Yordania

    Terletak di Timur Tengah yang gersang dan terpecah secara politik membuat Yaman berada dalam posisi paling tak menguntungkan. Negara ini bahkan sampai harus bergantung pada sumber daya alami sendiri, yakni Laut Mati dan Sungai Yordan dikarenakan peningkatan desertifikasi dan populasi yang membuat sumber air semakin menipis.