Heboh Kabar Keluarga Uno di Gorontalo Dukung Jokowi, Sandiaga Enteng Bilang Begini


SURATKABAR.ID – Heboh mengenai kabar bahwa keluarga Uno di Gorontalo mendukung Jokowi mendapat tanggapan dari Sandiaga Uno. Sandiaga Uno yang merupakan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 ini mengomentari dengan enteng mengenai ada pihak yang menyebut keluarganya mendukung Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi).

Menukil Wow.TribunNews.com, Minggu (03/03/2019), muncul kabar bahwa Rudi Hartono Uno sebagai wakil dari keluarga Uno malah mendeklarasikan mendukung kubu Jokowi. Hal ini kemudian direspon oleh Sandiaga. Saat terhubung teleconference dalam acara Kabar Petang seperti diunggah channel YouTube tvOneNews, Jumat (01/03/2019), mantan wakil gubernur ibukota itu berkomentar.

Pada kesempatan tersebut, pembawa acara menanyakan apakah Sandiaga mengenal dengan Rudi Hartono Uno.

“Saya enggak mengenal beliau,” Sandiaga menjawab dengan enteng.

“Pak Rudi ini saya tidak mengenal sama sekali, belum pernah berinteraksi sama beliau,” sambung Sandiaga kemudian.

Baca juga: Blak-blakan! Sandiaga Uno Akui Banyak Anggota Keluarganya yang Alami Gangguan Jiwa

Lantas, Sandiaga menceritakan soal keluarganya. Menurutnya, memang ada juga yang mendukung paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf.

Ia mengatakan bahwa perbedaan pilihan itu biasa dalam demokrasi.

“Om saya sendiri itu juga penasihatnya Jokowi dan tidak menjadi masalah apa-apa, kami tetap bersaudara dan saling menghargai,” sebut Sandiaga menjabarkan.

“Inilah esensi dari demokrasi, kita rayakan perbedaan dan ini justru memperkuat Indonesia dalam demokrasi,” tukasnya menambahkan.

Lalu, Sandiaga kembali ditanya apakah mengetahui latar belakang politik dari Rudi Hartono Uno.

“Saya mendengar beliau (Rudi) bergabung dengan salah satu partai pendukung Pak Jokowi, aktif di tim kampanye daerah Pak Presiden, dan beliau caleg,” ujar Sandiaga membeberkan.

“Jadi sangat bisa dimengerti pilihan politiknya ya pasti memilih Pak Presiden Jokowi, karena partai yang menaunginya juga memberikan dukungan kepada Bapak Presiden Jokowi,” imbuhnya.

“Jadi ini menurut saya adalah sebuah hal yang sangat manusiawi, apalagi itu pernyataan politik sebagai kader dari sebuah partai pendukung aktif dari koalisi Jokowi-Ma’ruf,” ucap Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga menyebutkan bahwa dalam berpolitik, beda pilihan merupakan hak dari setiap rakyat. Dan itu termasuk keluarganya.

“Tentunya sebagai pesta demokrasi, berbeda pilihan merupakan hak dari setiap warga negara termasuk keluarga saya,” kata Sandiaga lagi.

Sehubungan hal tersebut, Sandiaga lantas menceritakan bagaimana hal serupa pernah terjadi saat Basuki Tjahaja Purnama (BTP/ Ahok) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta sebelumnya.

“Ini sebetulnya terjadi juga pada waktu Pilgub DKI Jakarta tahun 2017, di beberapa keluarga kami hadir dan mendukung Ahok pada saat itu,” ujar Sandiaga blak-blakan.

“Jadi ini merupakan hal yang sangat normal ya, dalam era demokrasi sekarang, dan kita tentunya harus merayakan perbedaan ini karena justru dapat memperkuat demokrasi kita,” tegasnya.

Menurut reportase Kontan, dukungan keluarga Sandiaga itu diberitakan dalam acara silaturahmi antara Jokowi dan Tim Kampanye Daerah (TKD) di Gorontalo, Kamis (28/02/2019).

Deklarasi terkait dibacakan Rudi Hartono Uno sebagai wakil keluarga Uno.

“Kami keluarga Uno, telah bersepakat untuk mendukung sekali lagi Pak Jokowi sebagai presiden,” ujar Rudi di depan TKD Gorontalo, Kamis (28/02/2019) pada Kontan.

Rudi pun menyebutkan alasannya mendukung Jokowi karena selama menjabat sebagai kepala negara, Jokowi telah memberikan perhatian terhadap pembangunan di Gorontalo.

“Dengan berat hati kami harus menyampaikan bahwa kepentingan bangsa dan negara jauh lebih penting,” tandas Rudi.

“Kok Dukungnya ke Saya?”

Setelah keluarga calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno mendeklarasikan dukungan untuk calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) di Gorontalo, Jokowi pun memberikan reaksi.

Dukungan dari keluarga Uno itu mendapat apresiasi dari Jokowi. Ia berterimakasih.

“Ya kalau ke saya (dukungan), terima kasih,” tukas Jokowi.

Awalnya, Jokowi juga menyebutkan dirinya tak mengerti kenapa keluarga Sandiaga Uno memberikan dukungan padanya.

“Harusnya ya harusnya keluarga besar Sandiaga Uno itu ya mendukung Sandiaga Uno. Harusnya itu,” ujar Jokowi.

“Kok dukungnya ke saya, ya saya enggak ngerti,” komentar Jokowi lagi.

“Yang enggak benar siapa saya enggak ngerti. Harusnya logikanya, saudara-saudara Sandiaga Uno itu dukungnya ke Pak Sandi,” imbuh Jokowi.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.