Jokowi Keliru Data di Debat Capres, Ketum PPP: Manusia Itu Tempatnya Salah dan Lupa


SURATKABAR.ID Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengatakan Presiden Joko Widodo tidak akan keberatan untuk meminta maaf perihal kesalahan data yang diungkapkannya di debat capres kedua, 17 Februari lalu.

Ia mengatakan hal tersebut guna merespon peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro yang mengimbau Jokowi untuk meminta maaf ke publik karena kekeliruan tersebut. “Pak Jokowi sangat terbuka untuk meminta maaf, saya kira,” kata politikus yang akrab disapa Rommy itu saat ditemui di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/2/2019), dikutip dari cnnindonesia.com.

Baca Juga: Dessy Ratnasari Tuding Jokowi Tak Jujur. Soal Apa?

Rommy berpendapat bahwa masyarakat mestinya memaklumi Jokowi yang salah dalam memaparkan data di debat Capres itu. Ia mengingatkan bahwa Jokowi adalah manusia biasa yang masih punya kekurangan.

“Soal angka-angka yang salah memang karena manusia itu tempatnya salah dan lupa, jadi biasa saja kalau kemudian pak Jokowi salah mengutip angka,” kata dia.

Ia lantas memberikan contoh dirinya sendiri yang juga sering salah dalam mengutip angka dalam data. Rommy menyarankan agar masyarakat lebih fokus pada substansi yang dikatakan oleh Jokowi dibandingkan mengurusi soal angka.

“Jadi misalnya prinsip untuk pengurangan impor memang terjadi pengurangan impor, prinsip peningkatan infrastruktur memang terjadi pertambahan jumlah infrastruktur, memang kemudian angkanya itu tidak semua yang disampaikan akurat, namanya juga manusia,” kata dia.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fadli Zon menganggap bahwa Jokowi harusnya meminta maaf atas kesalahan dalam mengutarakan data.

“Kalau kekeliruan itu yang sengaja, asal bluff (gertak) dan kemudian mengklaim suatu pekerjaan yang bukan pekerjaanya dia, atau data yang sebenarnya tidak akurat, saya kira Pak Jokowi harus minta maaf dengan data itu,” kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/2/2019), dikutip dari viva.co.id.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDessy Ratnasari Tuding Jokowi Tak Jujur. Soal Apa?
Berita berikutnyaAhok Buka-Bukaan Perihal Komunikasinya dengan Anak-Anaknya. Ternyata…