Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Pare Bagi Kesehatan


SURATKABAR.ID – Beberapa orang mungkin sudah tak asing dengan jenis sayur satu ini. Biasa diolah menjadi beberapa bentuk masakan, sayuran satu ini memang dikenal memiliki rasa yang pahit. Tak heran kalau banyak orang yan tak begitu menyukainya.

Sayuran tersebut tak lain adalah pare, memiliki bentuk yang cukup unik dan rasa pahit membuat tak begitu banyak orang yang menyukainya. Tak hanya itu, untuk mendapatkan masakan yang lezat dan menghilangkan rasa pahitnya, pasalnya butuh teknik khusus saat memasak pare.

Seperti yang dilansir dari Health.com, meski tak banyak orang yang menyukai sayur satu ini, ternyata di balik rasa pahitnya yang dibenci banyak orang, ada segudang manfaat yang dimiliki oleh pare, salah satunya mencegah kanker.

Selain dapat mencegah tumbuhnya sel kanker, pare juga dikenal sebagai sayur dengan sejuta manfaat. Tak heran kalau akhirnya banyak pakar kesehatn yang menyarankan untuk menjadikan pare sebagai salah satu sayuran sehat.

Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh pare diketahui mampu membantu proses penyembuhan luka. Lantaran hal tersebut, pare sangat direkomendasikan bagi pasien yang baru saja menjalani operasi. Selain obat dokter, rutin mengonsumsi pare juga dapat membantu mempercepat proses pengeringan pada luka bekas operasi.

Baca juga: Hati-hati! 7 Minuman Ini Tak Sehat Dikonsumsi Sehabis Makan, Teh Salah Satunya

Tak hanya itu, baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa pare membawa efek positif bagi penderita gejala diabetes. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, saat 40 orang pengidap diabetes mengonsumsi 2 gram pare setiap hari, gula darah ditemukan mengalami penurunan yang cukup.

Pasalnya, pare dapat meningkatkan kadar insulin yang diproduksi pankreas, enzim yang bertanggung jawab akan tinggi rendahnya tingkat gula darah yang ada dalam tubuh.

Manfaat lain yang cukup mengejutkan dari sayur yang terkenal dengan rasa pahitnya ini adalah kemampuannya dalam membantu sel-sel kanker yang menyerang tubuh manusia. Tak heran kalau belakangan ini para pakar kesehatan dari luar negeri tengah mengembangkan suplemen anti kanker dari ekstrak pare.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Dikenal Pahit, Sayuran Satu ini Ternyata Punya Segudang Manfaat bagi Kesehatan