Beredar Isu yang Resahkan Pengusaha, Wiranto: Pilpres 2019 Akan Aman


SURATKABAR.ID – Jelang Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres 2019), banyak pengusaha yang menyampaikan keresahannya kepada pemerintah. Menyoal hal ini, pemerintah memastikan bahwa penyelenggaraan Pilpres 2019 akan berlangsung dengan aman. Pasalnya, ada kabar beredar yang mengatakan kerusuhan akan mewarnai gelaran pesta demokrasi yang akan berlangsung pada April mendatang.

Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Wiranto, ada banyak informasi yang beredar baik melalui media massa atau media sosial, yang membuat para pengusaha jadi cemas dan khawatir.

“Saya sering ditanya teman-teman pengusaha, apa betul Pemilu April aman? Saya tanyakan kenapa? Katanya ada berita bahwa ada isu Pemilu nanti tidak aman. Akan ada satu kerusuhan yang membuat tidak aman. Ini isu. Saya katakan tidak. Pemilu aman,” tukas Wiranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/02/2019). Demikian mengutip Liputan6.com.

Wiranto lantas mengungkapkan, bahkan ada sejumlah pengusaha yang sudah merencanakan keluar dari Indonesia saat penyelenggaraan pemilu nantinya. Dan mereka memilih untuk tidak menggunakan hak suaranya.

Lebih lanjut, Wiranto juga mengaklaim pihaknya bersama TNI, Polri, KPU dan Bawaslu masih terus berkoordinasi guna memastikan penyelenggaraan pemilu nantinya tidak ada konflik sama sekali. Ia juga menandaskan bahwa pemilu ini baginya menyangkut harkat dan martabat Indonesia.

Baca juga: Jokowi Janji Kucurkan Dana Desa Rp 400 Triliun Jika Terpilih Lagi

Dari segi keamanan, pemerintah sudah bekerja sama dengan Polri untuk membuat indeks potensi gangguan penyelenggaraan pemilu. Setidaknya, hasil indeks ini dikeluarkan enam bulan sebelum penyelenggaraan pemilu 17 April 2019.

“Jadi dari indeks itu kita bisa tahu berbagai potensinya dan kita langsung netralisir. Sehingga perhitungan kami dari aparat keamanan, maka Pemilu 2019 akan berlangsung aman,” tandas Wiranto.

“Maka dari itu jangan percaya hoax, tetap tinggal di Indonesia dan menjadi pemilih yang baik. Kalau mau bepergian setelah pemilu saja,” tegas Wiranto kemudian.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.