Pria Ini Nekat Telan 2 Kg Batu, Koin, dan Tutup Botol. Dokter Kaget Saat Tahu Penyebabnya!


SURATKABAR.ID – Sering kita dengar orang-orang yang menelan objek berbahaya, seperti sikat gigi, sumpit, dan benda-benda asing lainnya, tanpa sengaja. Namun berbeda dengan seorang pria satu ini. Pasalnya ia dengan sadar diri nekat menelan batu, tutup botol, hingga koin.

Dilansir Worldofbuzz.com dari Daily Mail, pada Kamis (21/2/2019), total benda-benda asing yang ditelan pria berusia 54 tahun yang belum diidentifikasi tersebut bahkan mencapai berat sekitar 2 kg di dalam perutnya. Kasus ini tentu saja sampai membuat tim dokter terperanjat.

Pria yang disebutkan berasal dari Korea Selatan ini rupanya dilahirkan dengan kondisi cacat intelektual. Awalnya ia mengeluh sakit perut dan butuh penanganan medis. Usai mengunjungi dokter, pria tersebut disebutkan kembung dan ketika perutnya disentuh, dokter dapat merasakan batu yang keras.

Dokter pun memutuskan melakukan rongen. Baru akhirnya terkuaklah bahwa ada sekumpulan benda padat yang memenuhi perut pria tersebut. Entah bagaimana benda-benda padat tersebut bisa berakhir di dalam perut si pasien.

Kepada dokter si pria mengaku dirinya memang sengaja memakan koin dan kerikil. Hal tersebut ia lakukan setiap kali perasaan cemas datang menyerangnya. Tak diketahui bagaimana ia bisa menelan semua benda padat tersebut.

Baca Juga: Perut Seorang Wanita Membesar dengan Berat Setara 7 Bayi, Setelah Diperiksa Dokter Temukan Benda Mengerikan

Tak ingin menunda lebih lama, dokter memutuskan melakukan prosedur operasi pada pasiennya dengan metode gastroskopi. Upaya pertama memasukkan tabung fleksibel yang dikenal sebagai endoskop ke perut si pasien harus mengalami kegagalan karena tak ada ruang tersisa di dalam perut pasien ini.

Ahli bedah harus terlebih dahulu menggunakan prosedur sulit dan mengekstraksi satu persatu objek asing di dalam perut pasien. Hingga akhirnya benda asing, termasuk kerikil, koin, hingga tutup botol, berhasil diekstraksi.

Entah sudah berapa lama benda-benda tersebut mendekam di dalam perut si pasien, tim dokter tak bisa memastikan. Setelah menjalani perawatan selama 9 hari di Inje University Ilsan Paik Hospital, pria tersebut bisa kembali pulang.

Kasus yang terbilang ekstrem ini kemudian diteliti dan diterbitkan oleh Dr Pyong Wha Choi dalam American Journal of Medical Case Reports. Ketika memeriksa kasus yang jarang terjadi ini, Dr Choi menyatakan biasanya anak-anaklah yang sering tak sengaja menelan benda asing.

Anak-anak juga bisa menelan benda asing yang ukurannya kecil. Namun bukan berarti orang dewasa tak pernah menenal benda asing sama sekali. Benda asing yang paling sering ditelan orang dewasa termasuk tulang ayam atau ikan.

“Dalam kasus ini, meskipun pasien tidak mengeluh muntah, sejumlah besar kerikil dan koin di perutnya menyebabkan sakit perut. Begitu benda asing melewati kerongkongan, akan timbul gejala karena tubuh mengenali adanya benda asing,” jelas Dr Choi.