Reaksi Fadli Zon Soal Jokowi Blusukan Tanpa Pengawalan ke Tambak Lorok: Apa Hebatnya?


SURATKABAR.ID – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengomentari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengklaim dirinya hanya ditemani sang sopir untuk blusukan di Tambak Lorok, Semarang, Jawa Tengah. Fadli Zon mempertanyakan apa hebatnya Jokowi cuma lantaran hal tersebut.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tersebut, seperti yang dilansir dari laman JPNN.com pada Selasa (19/2/2019), meminta untuk dilakukan pengecekan kembali. Apakah benar Jokowi melakukan blusukan tanpa pengawalan sama sekali.

“Dicek lagi. Yang saya dengar tetap ada (pengawalan). Yang saya dengar ya dari orang setempat, tapi ketika itu jalannya memang cuma sendirian atau apa. Terus apa hebatnya?” tukas Fadli ditemui di Gedung DPR, Jakarta, pada Selasa (19/2) kemarin.

Ia mengungkapkan, hal yang paling penting bagi seorang pemimpin, terutama presiden adalah, ketika mendapatkan informasi untuk segera mengambil kebijakan intervensi.

“Oh, ternyata yang dilaporkan ini oleh anak buah saya tidak tepat, misalnya. Masa jalan sendirian hebat, apa hebatnya? Tidak ada hebatnya itu,” ujar Fadli kemudian.

Baca Juga: Batal! Janji Jokowi Realisasikan Gaji Kepala Daerah Selevel PNS Ditunda ke 2020

Fadli pun menanyakan, apakah ada dampak dari kedatangan Jokowi terhadap nelayan. “Apakah nelayan itu menjadi lebih bagus hidupnya dengan kedatangan itu? Orang kalau cuma mau datang-datang doang sih gampang aja. Saya kira gak ada yang hebat dari situ (kedatangan Jokowi),” tuturnya.

Politisi yang juga merupakan anggota Dewan Pengarah Badan pemenangan nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tersebut juga mengatakan kemungkinan Jokowi datang untuk melihat situasi dan kondisi secara langsung. Hal tersebut karena Jokowi tak percaya pada laporan dari bawahannya.

“Terus apa yang dilakukan, apakah ada perubahan setelah kedatangan itu? Ada instruksi misalnya, Tambak Lorok ini harus diapain, harus diapain, kan tidak ada dampaknya. Cuma datang terus apa hebatnya?” papar Fadli.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Calon Presiden Petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku pernah berkunjung ke Tambak Lorok. Kegiatan itu ia lakukan pada tengah malam untul menilik langsung kondisi nelayan di pantai utara Semarang.

“Bahkan Bapak, Ibu, bisa tanya ke Kampung Nelayan di Tambak Lorok, pukul 24.00 WIB malam saya berdua dengan sopir ke sana untuk memastikan kondisi nelayan,” ungkap Jokowi dalam Debat Capres 2019 melawan Prabowo Subianto yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).