Setelah Gagal di Indonesia, Kini Jepang Mulai Promosikan Kereta Cepatnya di Malaysia


    b-shinkansen-a-20141220

    Pemerintah Jepang telah mengadakan pertemuan di Malaysia untuk mempromosikan kereta cepat Shinkanshen agar Negeri Jiran membeli teknologi tersebut dan mengoperasikannya disana.

    Dilaporkan, Malaysia saat ini sedang merencanakan untuk membangun rel khusus kereta cepat yang akan menghubungkan Kuala Lumpur dengan Singapura dan direncanakan akan mulai beroperasi pada 2023.

    Bila sesuai rencana, rel kereta yang membentang sepanjang 300 kilometer tersebut akan ditempuh hanya dalam waktu 90 menit dengan menggunakan kereta cepat.

    Saat ini dikabarkan China, Jepang dan Korea Selatan sedang berlomba untuk memenangkan kontrak dengan Negeri Jiran terkait pengadaan kereta cepat. Pada Jumat 29 April 2016, pejabat Malaysia mengadakan pertemuan dengan pihak swasta untuk membicarakan mengenai kontrak kereta cepat tersebut.

    Sebagaimana dilansir dari NHK, Sabtu (30/4/2016) Menteri Transportasi Jepang Junzo Yamamoto telah menegaskan kepada pihak Negeri Jiran mengenai keamanan dari kereta Shinkansen. Ia menyatakan semenjak kereta cepat itu beroperasi semenjak lebih dari 50 tahun yang lalu tidak pernah jatuh korban tewas akibat kecelakaan.

    Perwalikan dari perusahaan konstruksi Malaysia juga menuturkan bahwa Shinkansen sudah terpercaya dan ia berharap Negeri Jiran akan memilih kereta cepat tersebut.

    Tahun lalu perlombaan antara China dan Jepang juga terjadi di Indonesia terkait pembangunan kereta cepat, namun kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh Negeri Tirai Bambu.

    Sumber : okezone.com