Jenguk Ahmad Dhani, Sandiaga: Kami Prihatin, Beliau Hadapi dengan Senyuman


SURATKABAR.ID Sandiaga Salahuddin Uno selaku calon wakil presiden RI nomor urut 02 menengok Ahmad Dhani di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur. Kunjungan mantan wakil gubernur ibukota ini termasuk salah satu kegiatan yang diagendakannya selama berada di Jawa Timur. Selain menyampaikan simpatinya, Sandiaga juga mengatakan musisi band Dewa 19 tersebut mempunyai spirit yang positif dan menghadapi cobaan dengan senyuman—persis seperti lagu yang diciptakan Dhani selama berkarya sebagai musisi.

“Tentunya kami bersimpati kepada keadaan Mas Ahmad Dhani. Kami prihatin keadaan beliau dan alhamdulillah hari ini beliau senyum, jadi hadapi dengan senyuman betul-betul beliau lakukan, beliau miliki spirit sangat positif dan beliau sampaikan beliau sehat-sehat saja,” katanya usai menjenguk Dhani Ahmad. Demikian seperti dilansir dari reportase Republika.co.id petang ini, Sabtu (16/02/2019).

Sandiaga mengemukakan bahwa dalam pertemuan mereka, Dhani menitipkan salam kepada teman-teman serta meminta doa agar diberikan kesehatan.

“Beliau diberikan ketabahan. Karena tentunya menghadapi tekanan baik proses hukum dan prosedur hukum ini membutuhkan mental yang sangat kuat,” ungkapnya kemudian.

Selain itu, ia juga prihatin melihat kondisi rutan yang saat ini sudah over capacity. Mestinya, kapasitas rumah tahanan itu idealnya menampung sekitar 700 orang. Sedangkan saat ini rutan itu ditempati oleh lebih dari dua ribu orang. Kelebihan kapasitas di dalam tempat ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan.

Baca juga: Sidang Kedua Ujaran ‘Idiot’, Ahmad Dhani Sampaikan Nota Keberatan

“Ini yang menjadi catatan kami karena kelebihan kapasitas ini hampir terjadi di seluruh lembaga pemasyarakatan, terutama terkait dengan penyalahgunaan narkoba,” ucap Sandiaga menambahkan.

Sandiaga kemudian melanjutkan, mau dibangun berapapun juga jumlah kapasitasnya, jika jumlah penggunaan narkoba terus meningkat seperti ini, tetap saja jumlah tahanan akan membeludak melebihi kapasitas.

“Ibarat kapal, kapal yang hanya bisa mengangkut 100 penumpang sekarang diisi lebih dari 500 penumpang. Berarti ini akan mengakibatkan kapal ini kecelakaan,” tukasnya Sandiaga.

Sebelum melakukan kunjungan ke Ahmad Dhani, Sandiaga juga sempat melakukan pertemuan dengan para relawan di rumah aspirasi Deklarasi Relawan Alumni SMAN Komplek dan Prabowo-Sandi “Volounteer Leaders Meeting” di Sidoarjo.

Diketahui sebelumnya, Ahmad Dhani ditahan di Rutan Medaeng untuk menjalani sidang kasus pencemaran nama baik. Mengenakan kaus warna biru dan bercelana krem, Sandiaga juga menyapa pengunjung rutan. Sesekali ia menerima ajakan swafoto dari pengunjung. Adapun ketika ditanya mengenai kunjungannya di tengah kesibukan berkampanye di Jatim, ia hanya tersenyum kepada wartawan.

“Nanti saja Mas setelah keluar besuk,” jawabnya kepada awak media usai turun dari mobil, mengutip Detik.com.

Berdasarkan pantauan jurnalis di lapangan, para pengunjung juga tampak mengapresiasi kedatangan Sandiaga. Mereka menyebut-nyebut nama cawapres Prabowo Subianto tersebut.

“Mas Sandi..Mas Sandi,” teriak pengunjung yang disambut lambaian tangan dari Sandiaga.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.