Bocah SD Santai Pakai Kaos Palu Arit di Lingkungan Polres, Begini Faktanya


SURATKABAR.ID – SHP, bocah berusia 9 tahun, warga Kelurahan Jetis, Lamongan, Jawa Timur, tiba-tiba bikin gempar pihak kepolisian Polres Lamongan. Pasalnya, entah disengaja atau tidak, siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) kelas 3 itu mengenakan kaos dengan lambang Palu Arit.

Seperti yang dilansir dari laman JPNN.com pada Jumat (15/2/2019), bocah SD yang ketika berada di Masjid Al Busrah komplek Perumahan Polres Lamongan tersebut terlihat begitu santai. Melihat ada bocah mengenakan kaos yang identik dengan simbol komunisme tersebut, sontak salah satu anggota polres bereaksi.

Anggota Polres Lamongan tersebut menanyakan beberapa hal kepada si bocah. Selanjutnya polisi langsung menggiring bocah tersebut ke Polres Lamongan untuk dimintai keterangan lebih lanjut mengenai kaos bergambar Palu Arit yang ia kenakan.

Menurut keterangan yang berhasil dikumpulkan polisi dari SHP dan orangtuanya, ternyata kaos bergambar Palu Arit itu hadiah dari teman neneknya. Karena kebetulan sang nenek sebelumnya baru berkunjung ke Depok, Jawa Barat dan mendapat kaus warna merah.

Baca Juga: TNI Amankan Emak-Emak Berkaus Palu Arit yang Sedang Asyik Belanja

“Dapat dari nenek kaosnya, ada gambar palu arit,” tutur SHP ketika ditanyai soal asal kaos yang sukses bikin heboh anggota kepolisian tersebut.

Terkait hal tersebut, pihak kepolisian kemudian berupaya memberikan pengertian kepada orangtua SHP bahwa kaos yang dipakai buah hati mereka memiliki lambang milik salah satu organisasi masyarakat (ormas), di mana di Indonesia sendiri keberadaan ormas tersebut sudah dilarang.

Mengingat gelaran pesta demokrasi hanya tinggal sebentar lagi, pihak kepolisian Polres Lamongan sangat mengharapkan kepada seluruh warga dan masyarakat Lamongan untuk tak mudah terpancing lantaran kejadian tersebut.

Selain itu polisi juga mengimbau warga sanggup menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Lamongan menjelang proses pemilihan umum (pemilu) yang akan digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang.