Bikin Syok! 3 Mangkuk Es Cendol Ditagih Hampir Rp 400 Ribu, Rupanya Ada Hal yang Bikin Harganya Mencekik


SURATKABAR.ID – Lagi-lagi sebuah foto viral dan ramai diperbincangkan oleh para pengguna media sosial, khususnya mereka yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Betapa tidak, dalam foto tersebut terlihat sebuah struk pembelian untuk tiga mangkuk es cendol yang harganya bikin syok!

Seperti yang diwartakan Tribunnews.com pada Rabu (13/2/2019), sang konsumen ditarik harga cukup mahal, yakni senilai 114 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 390 ribu. Padahal yang dibeli cuma tiga porsi cendol saja.

Tak dijelaskan, apakah si pengunggah foto tersebut merasa kecewa lantaran harga yang harus ia bayar atau malah bermaksud pamer karena bisa membeli cendol dengan harga semahal itu. Namun postingan ini cukup membuat sejumlah netizen terkaget-kaget.

Usut punya usut, foto tersebut, seperti dilansir Tribunnews.com dari Utusan Online, diambil di sebuah kedai bernama Raja Cendol Taming Sari yang terletak di Bandar Hilir, Melaka, Malaysia. Usai unggahannya viral, sang pemilik kedai, Muhammad Ariff Qayyum Mohd. Zamri (25) buka suara.

Zamri mengungkapkan 3 mangkuk cendol yang harganya hampir Rp 400 ribu itu memang bukan rekayasa. Akan tetapi ia menegaskan bahwa ada alasan mengapa harganya sangat mencekik dompet. Pasalnya, cendol yang dipesan si pengunggah foto bukanlah cendol sembarang cendol.

Baca Juga: Mie Ayam Viral di Medsos Dibanderol Cuma Rp 2 Ribu Saja, Tak Disangka Ada Kisah Pilu di Baliknya

Ia mengungkapkan, si pengunggah foto ketika itu membeli cendol yang berisi durian jenis Musang King. Sebagai informasi, di Malaysia, jenis ini memang merupakan jenis durian yang paling mahal. Per kilogramnya, durian ini dijual dengan harga mencapai Rp 293 ribu!

“Sejak pertama berjualan pada 2017, kami selalu menulis harga macam-macam cendol di kedai. Cendol Musang King seharga 38 Ringgit (Rp 131 ribu). Sementara cendol biasa seharga 7 Ringgit (Rp 25 ribu),” jelas Zamri.

“Bagi penggemar durian, mereka sudah pasti mengetahui harga yang ditetapkan itu adalah harga wajar. Cuma saya khawatir foto ini dimaknai berbeda oleh mereka yang tak paham dengan harga durian,” ungkap sang empunya kedai lebih lanjut.

Turut menanggapi postingan yang viral tersebut, pemerintah setempat melalui Kementerian Perdagangan sampai turun tangan. Namun setelah terjun ke lapangan dan memeriksa kedai cendol yang dimaksud, pihak berwenang tak berhasil menemukan adanya pelanggaran.

Hal yang menarik, Zamri, sang pemilik kedai, saat ini tengah mencari sosok yang telah menyebarluaskan foto cendol mahal beserta struk pembelian tersebut. Jangan berprasangka buruk dulu, karena ternyata Zamri berniat memberikan voucher minum cendol gratis selama setahun!

Pasalnya, sejak foto cendol itu diunggah dan menjadi viral di media sosial, Zamri mengaku kedai cendol miliknya semakin ramai dikunjungi para pembeli yang penasaran dengan cendol yang dibanderol harga tinggi itu.

Wah, memang benar-benar beruntung, ya.