Akun Alpantuni Bikin Resah, Akhirnya Pihak Instagram Ambil Tindakan Tegas


SURATKABAR.ID – Setelah sempat menimbulkan kehebohan beberapa waktu belakangan, akhirnya pihak Instagram mengambil tindakan tegas terhadap akun Komik Muslim Gay, Alpantuni. Instagram secara resmi memblokir akun tersebut.

Pemblokiran tersebut, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com pada Rabu (13/2/2019), terpaksa dilakukan setelah Subdirektorat Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerima laporan dari publik dan meminta dilakukan verifikasi.

Usai verifikasi, semua konten yang diposting akun Alpantuni secara sah disebut memenuhi unsur Pasal 27 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik mengenai larangan pendistribusian konten berbaupornografi.

Ada pun bunyi pasal tersebut adalah, “Setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.”

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas, Kominfo menuliskan bahwa mulai Rabu (13/2) pagi, akun tersebut tak lagi dapat diakses. “Tercatat, mulai hari ini, Rabu (13/2/2019) pukul 05.00 pagi, akun tersebut tidak bisa diakses lagi.”

Baca Juga: Geger Akun Instagram Gay Muslim, Ini Tanggapan Keras MUI

Diberitakan, sejak beberapa hari yang lalu, warganet ramai memperbincangkan akun Instagram Alpantuni. Pasalnya, setiap konten di dalam akun tersebut mengisahkan tentang seorang pria gay Muslim yang taat menjalankan ibadah.

Pesan berantai pun mulai beredar dan meminta masyarakat untuk memblokir akun tak pantas tersebut. Kominfo langsung menyambut positif masyarakat yang dengan sigap melaporkan akun tersebut. Dengan begitu proses pemblokiran pun bisa dengan cepat dilakukan.

Kominfo sendiri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu aktif memantau dan melapor jika mendapati keberadaan akun-akun media sosial yang meresahkan. Termasuk juga akun palsu atau akun yang mengandung konten negatif.

Untuk melaporkan akun-akun media sosial yang meresahkan, Anda bisa mengadukannya melalui akun Twitter @aduankonten, situs web aduankonten.id, atau melalui nomor WhatsApp 08119224545.