Genap Berusia 27 Tahun, Haruka Putuskan Ungkap Kebohongan Besar Soal Masa Lalunya. Ternyata…


SURATKABAR.ID – Genap menginjak usia 27 tahun, pada Minggu (10/2), Haruka Nakagawa, mantan member JKT48 membocorkan kisah soal keluarganya yang selama ini menjadi pertanyaan publik. Hal tersebut ia ungkapkan melalui akun media sosial Instagram miliknya, @haruuuu_chan, Senin (11/2).

Lewat tulisan panjangnya, seperti yang diwartakan oleh Tempo.co, Haruka akhirnya memutuskaan mengungkapkan bahwa sebenarnya selama ini ia telah berbohong mengenai keluarganya. Mengapa baru saat ini? Haruka merasa di usianya tahun ini adalah saat yang tepat untuk menceritakan semua.

“Banyak yang tanya aku tentang keluarga ‘keluarga kamu gak ke Indonesia? Gak kangen sama orangtua?’ Aku selalu jawab ‘enggak kok, karena di sini seru jadi enggak apa-apa’ gitu,” tulis Haruka mengawali kisahnya.

“Tapi lama-lama pasti kalian juga penasaran. Dan aku juga udah capek berbohong terus. Aku juga mikir kapan cerita ke kalian ya? Tapi bingung juga cari waktu yang tepat. Mungkin sekarang di umur aku 27 tahun adalah waktu yang tepat,” imbuhnya.

Ia pun menjelaskan bahwa sejak umur 3 tahun ia tak lagi tinggal bersama kedua orangtuanya. Mereka berpisah ketika Haruka masih berusia sangat belia. Lantaran perceraian orangtuanya, Haruka mengaku ia sampai lupa seperti apa wajah sang ibu yang hingga sekarang tak pernah ditemuinya.

Baca Juga: Roda Kehidupan Berputar, Nasib Mantan Model Cantik dengan Tarif Miliaran Ini Berubah Drastis Pasca Bangkrut

Akibat perceraian orangtuanya, Haruka dan saudaranya hanya tinggal bersama sang ayah. Namun karena ayah mereka terlalu sibuk, mereka pun dirawat oleh neneknya. Hingga akhirnya ia dan saudaranya tinggal di sebuah tempat seperti panti asuhan karena nenek mereka sering jatuh sakit.

“Dari umur 3 tahun aku enggak pernah ketemu ibu aku sendiri. Aku enggak ingat juga muka ibu aku sendiri, dan aku enggak pernah ketemu ibu, enggak tahu di mana (ibu) sampai sekarang. Dari situ aku tinggal bareng sama nenek aku.

“Karena papa aku mungkin sibuk jadi aku gak pernah tinggal bareng sama papa juga. Terus nenek aku ada sakit jantung jadi sering masuk RS jadi aku dan kakak aku dan adek aku sering tinggal di tempat kayak panti asuhan,” ungkap Haruka.

Haruka mengakui, di hati kecilnya ia tetap merasa bersedih, meski memiliki nenek masih jauh lebih baik ketimbang tak punya keluarga sama sekali. Kesedihannya semakin terasa ketika duduk di bangku sekolah, di mana ia melihat semua temannya diantar dan dijemput orangtua masing-masing.

“Waktu lulus sekolah, nenek datang, tapi aku malu karena (teman-teman) datangnya sama mama dan papa. Aku doang sama nenek. Mungkin pas kecil enggak mikir apa-apa,” ungkap Haruka yang sempat ogah berfoto dengan sang nenek di acara kelulusan itu. “Tapi, harusnya bersyukur juga karena masih ada nenek,” tulisnya.

Menghabiskan beberapa tahun di panti asuhan memang terasa menyedihkan. Namun Haruka selalu bersyukur, karena di tempat tersebut ia bisa mendapatkan banyak kakak dan adik baru yang tetap dekat dengannya.

Tentang kisah hidupnya ini, Haruka mengaku sudah sejak lama ingin membagikannya kepada para penggemar. Akan tetapi lantaran masih dirundung rasa tak percaya diri, ia batal mengungkapkannya ke hadapan publik.

“Apalagi di Indonesia banyak orang yang sayang keluarga, tapi aku enggak ada orang tua kan malu banget, beda sama kayak yang lain. Aku sering bikin cerita tentang mama, papa, tapi itu semua bohong. Aku yang bikin sendiri. Maafin ya selama ini aku bohongin kalian,” tutur Haruka kemudian.

Karena kisah hidupnya itu, Haruka pun bertekad untuk menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak. Ia tak rela jika buah hatinya harus merasakan kepahitan hidup seperti yang ia alami dahulu. Melalui pengakuannya ini pula, ia ingin mendukung anak-anak yang memiliki pengalaman serupa.

Ia ingin anak-anak lain yang pernah merasakan kisah seperti dirinya untuk tetap tegar berdiri. Pasalnya, akan datang suatu hari, di mana mereka akan menemukan orang-orang dengan hati emas yang akan berdiri di sisi mereka. Sama seperti yang ditemukan Haruka saat ini.

“Terima kasih banyak untuk selalu mencintai aku setiap saat. Suatu hari nanti aku akan menikah dan aku ingin menjadi ibu yang baik! Dan aku tidak mau anak-anak lain (punya) pengalaman seperti aku,” lanjutnya.

“Dan aku pengen kasih tahu anak-anak yang sama kayak aku, kalian pasti suatu saat nanti dapat orang yang sangat baik. Meskipun sekarang belum dapat tapi sesaat nanti pasti dapat pengalaman yang terbaik.. aku yakin! Karena aku juga begitu,” ungkap gadis asal Jepang tersebut.

Nama Haruka sendiri mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak menjadi anggota dari grup idola JKT48 di Tanah Air. Lima tahun berselang, ia menyatakan lulus dan memutuskan untuk bersolo karier. Kini wajahnya sering muncul di berbagai program televisi, baik sebagai penyanyi maupun pembawa acara.