Tragis! Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Ternyata Begini Mitos Jembatan Merah di Kebon Raya Bogor


SURATKABAR.ID – Kebun Raya Bogor yang ditumbuhi dengan sederet pohon hijau menjulang tinggi membuatnya terasa sejuk saat disambangi. Menyajikan hawa yang sejuk menyegarkan membuat udara sekitar terasa nyaman bagi siapa saja yang datang. Alhasil, para pengunjung betah berwisata ke sana. Menelusuri kebun itu lebih dalam, nantinya pengunjung akan menemukan sebuah jembatan berwarna merah.

Membentang sepanjang 20 meter, jembatan ini sangat kontras dengan kondisi di sekelilingnya. Menukil Kumparan.com, Minggu (10/02/2019), sebenarnya nama jembatan itu ialah Jembatan Gantung Hulu, tapi kerap kali disebut Jembatan Merah. Jembatan ini diberi nama Jembatan Gantung Hulu, lantaran posisinya yang berada di hulu (bagian atas).

Berdiri di atas aliran Sungai Ciliwung, siapa saja yang berada di atas Jembatan Merah bisa melihat bongkahan batu berbagai ukuran yang ada di aliran sungai. Suara gemericik air dan sejuknya udara juga akan membuat pengunjung merasa menyatu.

Selain kerap disambangi untuk sekadar menyeberang atau berfoto, Jembatan Merah juga punya mitos yang berkembang. Konon kabarnya, jika ada pasangan kekasih lewat jembatan ini, hubungannya bisa kandas.

Kisah Cinta yang Tragis

Seperti disebutkan oleh beberapa sumber, ada legenda yang berkembang di Jembatan Merah. Begini cerita tragis tersebut dimulai. Alkisah pada zaman dahulu ada noni Belanda dan pria pribumi yang menjalin hubungan.

Baca juga: Keris Kyai Nogo Siluman, Pusaka Sakti Pangeran Diponegoro yang Direnggut Belanda

Sayangnya, hubungan mereka tak mendapat restu dari orang tua. Karena hal ini, sang perempuan pun sedih dan b*unuh diri dengan terjun dari jembatan. Dan mirip seperti Romeo dan Juliet, sang kekasih pun menyusulnya.

Cerita itulah yang berkembang melegenda dan menjadi cerita rakyat, sehingga akhirnya muncullah mitos tersebut. Namun, kendati demikian, baik Jembatan Merah atau Kebun Raya Bogor tak pernah sepi dari kedatangan para pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan alam di sana.

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektar serta memiliki 15.000 jenis koleksi tumbuhan dan pohon. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu.