Inikah Penyebab Kemungkinan Persib Pindah Kandang ke Jalak Harupat?


SURATKABAR.ID – Untuk menjamu Persiwa Wamena pada Senin (11/02/2019), Persib Bandung akan menggunakan Stadion Si Jalak Harupat (SJH) yang berlokasi di Kabupaten Bandung. Laga ini sempat tertunda lantaran perizinan keamanan tak bisa didapatkan untuk penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. Hal itu dikarenakan adanya penurunan tanah dalam konstruksi bangunan.

Menurut General Coordinator Panpel Pertandingan Persib, Budi Bram Rachman, kemungkinan besar Stadion SJH akan menggunakan. Pasalnya, belum ada kepastian kapan GBLA bisa kembali digunakan.

“Bukan tidak mungkin kita sekarang homebase di Jalak [Harupat] selama GBLA statusnya tidak jelas dan tidak tahu kerusakannya seperti apa ya,” ungkap Bram di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat (08/02/2019). Demikian mengutip laporan Republika.co.id, Minggu (10/02/2019).

Diketahui sebelumnya, GBLA tak mendapat izin keamanan karena adanya penurunan tanah dalam konstruksi bangunannya. Kendati demikian, kondisi lapangan GBLA dinilai cukup baik dan layak karena sebelumnya Persib telah mengantongi izin dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung.

“Mungkin itu yang berwenang [memutuskan] GBLA bisa digunakan lagi kan dinas terkait ya,” tegasnya menandaskan.

Baca juga: Tragis! Pernah Lawan Muhammad Ali di Jakarta, Petinju Ini Kini Jadi Gelandangan Bersama Anjing

Selain itu, Bram memastikan Persib akan kembali menggunakan stadion SJH jika menang dari Persiwa Wamena. Ia menambahkan, stakeholder SJH sudah menyanggupi jika Persib terus menggunakan SJH. Bram pesimis GBLA bisa digunakan selama kompetisi pramusim berlangsung.

“Kalau kita sebagai penyewa sementara ini dalam jangka waktu dekat ini tidak mungkin ya kalau ada pertandingan lagi menggunakan GBLA, karena kan ya kita tahunya tiba-tiba bahwa itu ada penurunan tanah, ada retak-retak padahal sebelumnya ada acara kolosal juga disana,” bebernya.

Di lain pihak, isu pembukaan dan penutupan Piala Presiden akan berlangsung di Bandung. Bram menyebut belum ada kepastian dari PSSI soal hal itu.

“Karena itu operatornya PSSI atau siapa juga saya belum tahu. PSSI nanti juga biasanya melibatkan Panpel lokal,” sebutnya.

Menurut pengakuannya, ia siap membantu gelaran Piala Presiden jika dibutuhkan. Piala Presiden sendiri direncanakan akan berlangsung pada Maret menjelang.