Gempar Kombinasi Durian dan Kopi Bikin Pria Tewas Usai Bercinta, Dokter Bongkar Fakta Sebenarnya


SURATKABAR.ID – Baru-baru ini pengguna media sosial digemparkan dengan sebuah kabar yang menyebut seorang pria meregang nyawa usai berhubungan intim dengan kekasihnya. Diketahui, sebelumnya, pria malang tersebut sempat mengonsumsi durian dan kopi.

Menurut hasil visum dari kepolisian setempat, seperti dihimpun dari laman Detik.com pada Jumat (8/2/2019), pria berusia 26 tahun tersebut tewas lantaran serangan jantung akibat dosis kafein yang terlampau tinggi.

Terkait kasus ini, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Prof Budhi Setianto Purwowiyoto buka suara memberikan penjelasan. Ia mengatakan bahwa, kombinasi kopi dan durian sebenarnya tak langsung menyebabkan serangan jantung. Yang perlu dicurigai, penyakit penyerta korban sebelumnya.

“Korban mungkin telah sakit sebelum makan durian dan minum kopi yang berujung kematian. Riwayat sakit inilah yang kemudian memicu serangan jantung, bukan serta merta efek durian dan kopi,” jelas Guru Besar Fakiltas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut, Jumat (8/2).

Baca Juga: Waspada! Pesepeda Meregang Nyawa Usai Makan Durian, Tak Disangka Begini Fakta Sebenarnya

Lebih lanjut, Budhi mengungkapkan bahwa secara umum mengonsumsi durian dan kopi tak sampai membawa dampak yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi ia menegaskan, hal tersebut bergantung dari kondisi kesehatan masing-masing orang.

Untuk menekan risiko serangan jantung yang diakibatkan dari mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, Budhi memiliki saran. Sebaiknya perhatikan lebih cermat debaran usai Anda mengonsumsi suatu jenis makanan atau minuman. Dan disarankan untuk segera menghentikan mengonsumsinya.

“Jika setelah makan atau minum asupan tertentu terasa berdebar-debar, maka segera hentikan. Bila perlu jangan lagi mengonsumsi atau kurangi frekuensi serta jumlah asupan demi kesehatan jantung. Selain itu, segera kontrol untuk memastikan dan mengetahui faktor risiko serangan jantung,” tuturnya.