Bukan Hanya Sekadar Obat Flu, Rupanya Ini Khasiat Tersembunyi yang Ditawarkan Teh Jahe


    SURATKABAR.ID – Seperti yang kita ketahui, jahe merupakan rempah dengan kekuatan super. Tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga sejak lama digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

    Siapa yang menyangka jika ternyata jahe tak cuma bisa meredakan sakit perut, batuk, dan pilek saja. Di era modern seperti sekarang ini, penyakit yang paling banyak menghantui adalah penyakit tak menular atau degeneratif. Misalnya, kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga jantung.

    Jahe juga dikenal sanggup mengatasi masalah-masalah dari penyakit degeneratif tersebut. Pasalnya, seperti dilansir Jawapos dari Times Now News, pada Rabu (6/2/2019), jahe diperkaya dengan kandungan ajaib yang bisa menangkal penyakit-penyakit tak menular itu.

    Bahan rempah satu ini selalu digunakan dalam setiap menu masakan. Sementara itu air rebusan jahe juga dapat dikonsumsi secara langsung. Meminum air rebusan jahe secara rutin dapat membantu tubuh menangkal sejumlah penyakit. Apa saja?

    1. Kolesterol dan Kegemukan

    Pada 2014, dilakukan sebuah penelitian dengan menggunakan hewan sebagai objek. Hasilnya, disimpulkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi berat badan. Baik itu air jahe maupun teh jahe, memang telah sedari lama digunakan dalam diet penurunan berat badan dan juga kolesterol.

    Baca Juga: Jangan Kaget! Kulit Telur Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga

    2. Mengontrol Gula Darah

    Dan dari studi yang sama, diketahui bahwa kadar gula darah juga dapat berkurang atau stabil usai seseorang mengonsumsi jahe. Dengan minum teh jahe, air jahe, atau sekadar membubuhkan jahe ke dalam makanan dapat mengontrol gula darah.

    Sementara itu, dalam studi lain yang dilakukan pada tahun 2015 terungkap bahwa bubuk jahe dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, jahe juga diyakini dapat mengurangi gejala awal diabetes.

    3. Lindungi Kesehatan Jantung dan Atasi Hipertensi

    Penyakit jantung telah menjelma menjadi mesin pembunuh paling menakutkan belakangan ini. Selain hiertensi, diabetes sendiri merupakan faktor risiko penyakit jantung. Menilik sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, jahe dapat mengatasi penyakit jantung.

    Ramuan yang terbuat dari air rebusan jahe terbukti memiliki khasiat untuk melindungi diri dari penyakit jantung. Bahkan jahe juga dapat melindungi organ jantung kita dari berbagai masalah yang dapat memicu timbulnya diabetes dan tekanan darah tidak stabil.

    Itulah tiga khasiat yang jarang diketahui dari teh jahe. Selamat mencoba!