Akbar Tandjung Nyatakan Dukungan, Jokowi: Beliau Miliki Pengaruh Besar


SURATKABAR.ID – Joko Widodo selaku calon presiden (capres) dengan nomor urut 01 menyatakan rasa syukurnya atas dukungan yang diberikan politisi senior Partai Golkar, Akbar Tandjung, kepadanya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut penilaian Jokowi, Akbar Tandjung adalah tokoh besar yang telah meniti karir mulai dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), KNPI, hingga Partai Golkar. Sehingga, lanjutnya, dukungan dari Akbar Tandjung dipastikan juga mempunyai pengaruh yang sangat besar.

“Ya kita kan tahu semua, beliau kan tokoh besar di HMI, tokoh besar di Golkar, tokoh besar di KNPI, dan tokoh besar nasional. Jadi apa yang beliau sampaikan pasti memiliki pengaruh yang sangat besar,” ungkap Jokowi usai menghadiri acara peringatan ke-72 tahun HMI di kediaman Ketua Majelis Pembina KAHMI Akbar Tandjung, Jakarta, Selasa (05/02/2019). Demikian sebagaimana dikutip dari reportase OkeZone.com, Rabu (06/02/2019).

Atas dukungan politik dari Akbar Tandjung, Jokowi pun lantas memberikan apresiasi. Disebutkan bahwa Akbar Tandjung memutuskan untuk memberikan dukungan lantaran kerja Jokowi dalam pembangunan infrastruktur yang gencar digarap hingga ke daerah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan fondasi dari negara manapun di dunia.

Baca juga: Puluhan Tahun Jalan Rusak, Begini Keluhan Warga di Pandeglang

“Jadi kalau Pak Akbar Tandjung menyampaikan tadi mengenai pentingnya infrastruktur yang memang sangat penting,” imbuh Jokowi kemudian.

Dukungan Pribadi, Bukan Organisasi

Sementara itu, Ketua Majelis Pembina KAHMI Akbar Tandjung menjelaskan, dukungannya ke Jokowi bersifat pribadi dan tidak membawa organisasi KAHMI yang harus menjaga independensinya.

Kendati demikian, tambah dia, banyak juga dari anggota KAHMI yang menyampaikan kepadanya untuk mendukung petahana.

“Sepengetahuan saya cukup banyak dari warga KAHMI yang menyatakan dukungan ke Pak Jokowi. Tapi saya tidak menyatakan saya merepresentasi, tapi saya tahu warga KAHMI juga mengatakan ke saya akan memberikan dukungan ke Jokowi,” tukas Akbar Tandjung.

“Apalagi tadi juga pas keluar bilang, ‘Saya setuju Bang Akbar, kita dukung Pak Jokowi. Ya kita sama-sama, doakan beliau sehat,” tegasnya.

Karena Jokowi Tunjukkan Banyak Keberhasilan

Sebelumnya, diketahui bahwa Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan dukungannya kepada capres no urut 01 Joko Widodo di Pilpres 2019. Yang menjadi landasannya, tokoh senior Partai Golkar itu melihat selama hampir lima tahun memerintah, Jokowi menunjukkan banyak keberhasilan, demikian melansir Kompas.com.

Akbar melontarkan dukungannya saat ditemui usai acara syukuran HUT ke-72 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan syukuran gelar Pahlawan Nasional kepada Profesor Drs Lafran Pane di kediamannya di Jakarta Selatan, Selasa (05/02/2019).

“Saya sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar tentu menghormati. Selain menghormati keputusan Munas Golkar, saya juga melihat bahwa beliau telah memberikan keberhasilan yang cukup dirasakan oleh masyarakat,” ujar Akbar, menukil reportase AntaraNews.com.

Ketua Dewan Penasihat HMI ini mengatakan, pemerintahan Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi telah berhasil melaksanakan pembangunan bangsa. Dan pembangunan, menurutnya, harus berkesinambungan.

“Pembangunan itu yang paling bagus tentu berkesinambungan. Kalau berkesinambungan ya tentu harapan saya beliau kembali menjadi presiden,” urai Akbar yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Majelis Nasional Kahmi.

Sementara itu, Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan Akbar tersebut.

“Yang paling penting kita sekali lagi, Pak Akbar adalah tokoh besar, tokoh pemuda HMI, tokoh Golkar yang memiliki pengaruh besar,” demikian mantan Gubernur DKI Jakarta itu menandaskan.

Jokowi mengimbuhkan, Akbar sebagai tokoh besar punya pengaruh di sejumlah organisasi yang diikutinya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.