Jangan Kaget! Kulit Telur Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga


    SURATKABAR.ID – Telur, selain dikenal sebagai makanan yang kaya gizi dengan ciri kelezatannya tersendiri, juga bisa diolah menjadi aneka menu lezat nan menggugah selera. Namun siapa yang menyangka jika ternyata tak hanya telurnya saja yang bisa diambil manfaatnya.

    Ya, seperti yang dihimpun dari laman Hipwee.com, cangkang telur juga menyimpan kegunaan lain. Misalnya untuk kecantikan dan berbagai hal lain di sekitar Anda. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan dengan kulit telur?

    1. Pot Tanaman atau Wadah Lilin

    Ketimbang hanya berakhir di tempat sampah, mengapa tidak Anda gunakan sebagai pot atau wadah lilin. Kulit telur bisa menciptakan sentuhan unik di rumah. Caranya cukup dengan membersihkan kulit telur dan kemudian gunakan untuk menanam tumbuhan kecil di dalam ruangan.

    2. Jadi Makanan Hewan Peliharaan

    Tak banyak diketahui, kulit telur ternyata menyimpan nutrisi. Diperkaya dengan kalsium, zat besi, dan mineral, membuatnya sayang jika kulit telur tak didayagunakan. Agar lebih bermanfaat, tambahkan ke makanan hewan peliharaan. Namun pastikan Anda menghancurkannya hingga halus, ya?

    Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah Bentuk 9 Telur dari Berbagai Jenis Hewan

    3. Pengusir Hama di Kebun dan Rumah

    Keberadaan hama seperti kecoa dan tikus di dalam rumah tentu membuat jengah. Namun dengan trik ini, Anda tak akan lagi merasakan kekesalan karena hewan-hewan pengganggu itu. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan kulit telur sebagai pengusir hama.

    Pertama, keringkan lalu haluskan cangkang telur hingga menjadi bubuk. Selanjutnya taburkan pada hama yang sering ditemui di rumah. Anda juga bisa menaburkannya di tanaman yang dirusak hama atau di sekitar permukaan tanah tanaman.

    4. Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit Wajah

    Sebelum menggunakan cangkang telur untuk perawatan wajah, pastikan Anda membersihkannya dan mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah itu, tumbuk hingga halus seperti bubuk. Cangkang telur yang telah dihaluskan bisa membantu membersihkan, mencerahkan, dan meremajakan kulit Anda.

    Untuk membersihkan kulit, campurkan 3 sendok makan bubuk kulit telur dengan madu. Oleskan pada permukaan kulit. Sementara untuk mencerahkan kulit, campur 1 sendok bubuk dengan putih telur. Aplikasikan pada kulit dan tunggu hingga kering sebelum membilasnya dengan air bersih.

    Dan untuk meremajakan kulit, Anda cukup mencampurkan bubuk cangkang telur dengan 1 sendok makan putih telur dan 1 sendok teh gula merah. Secara perlahan, oleskan campuran tersebut pada kulit lalu diamkan beberapa saat.

    5. Bersihkan Kamar Mandi

    Selain digunakan sebagai hiasan rumah atau bahan untuk perawatan kulit, cangkang telur juga bermanfaat untuk membersihkan kamar mandi dari noda membandel. Namun jangan pernah menggunakannya untuk membersihkan barang-barang dari kaca, ya?

    6. Atasi Infeksi pada Kulit

    Infeksi yang terjadi pada kulit ternyata bisa dengan mudah disembuhkan hanya dengan bubuk cangkang telur. Caranya, campurkan bubuk cangkang telur dengan cuka apel. Oleskan campuran tersebut pada luka atau bagian kulit yang mengalami iritasi. Dalam hitungan menit, infeksi akan sembuh!

    7. Sebagai Pupuk Kompos

    Bukan hanya bisa mengusir hama pada tanaman, cangkang telur juga bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk kompos. Tumbuk halus cangkang telur, kemudian campur dengan kulit buah-buahan, daun yang sudah layu, sisa batang sayuran, dan tanah. Benamkan campuran tersebut di tanah yang akan ditanami.

    8. Melancarkan Saluran Air

    Haluskan cangkang telur hingga berbentuk bubuk dan tuangkan ke dalam saluran air yang mampet. Biarkan selama satu malam. Setelah sehari, Anda bisa mengeceknya. Tambahkan sedikit cuka untuk mendapatkan hasil maksimal.

    Siapa yang menyangka jika cangkang telur yang selama ini dianggap sampah ternyata menyimpan begitu banyak manfaat. Nah, mulai sekarang jangan dengan mudahnya membuang cangkang telur Anda, ya? Selamat mencoba!