Anaknya Kena Pungli Rp 200 Ribu Ketika Urus KTP, Edy Rahmayadi: Kades Paok Camat Goblok


SURATKABAR.ID – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi buka suara menanggapi pungutan liar yang dilakukan oknum kepala desa dan camat terhadap anaknya ketika mengurus kartu tanda penduduk (KTP). Tak tanggung-tanggung, anak mantan Ketua Umum PSSI tersebut ditarik Rp 200 ribu!

Edy, seperti yang diwartakan Kompas.com pada Jumat (1/2/2019), meluapkan kekesalannya ketika tengah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Deliserdang, pada Selasa (29/1) lalu. Ia menyayangkan sikap yang ditunjukkan oleh kades dan camat tersebut.

“Anakku mau ngurus KTP nyogok. Kades paok (bodoh) itu memang. Enggak ditanyanya dulu anak siapa kau. Anakku nyogok Rp 50.000 untuk dapatkan pengantar. Terus baru Rp 150.000 untuk ke kecamatan. Camat goblok,” serunya di hadapan puluhan Kepala Desa di wilayah Deliserdang.

Namun dalam kesempatan tersebut, Edy tak menyebutkan secara terperinci tentang siapa dan di mana lokasi terjadinya pungutan liar tersebut. Seperti dilansir Kompas.com dari Tribunnews.com, Gubernur Edy juga sempat menyinggung sejumlah hal terkait kinerja aparat sipil negara (ASN) di Deliserdang.

Baca Juga: Respons Santai Tjahjo Kumolo Soal Blanko e-KTP yang Dijual Bebas: Bahayanya di Mana?

“Sehebat apa pun gubernurnya, sehebat apa pun bupatinya kalau kadesnya haw-haw, saya yakin enggak akan bisa benar tempat (Deliserdang) ini. Apalagi kalau camatnya enggak mau tahu,” tutur Edy yang baru-baru ini melepaskan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Terdengar beberapa kali sindiran yang dilontarkan dengan tajam oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi tersebut malah disambut dengan gelak tawa para kepala desa.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Edy juga mengimbau kepada para kades dan juga camat di Deliserdang untuk turun ke lapangan. “Kalian datangi warga kalian itu. Enggak akan hilang kantor kalian itu. Selesai saya ngomong, tolonglah berubah kawan,” tegas Edy.

Acara pertemuannya dengan para kepala desa dan camat kali ini ditutup Edy Rahmayadi dengan bernyanyi serta menari bersama ASN-ASN yang hadir. Edy unjuk kebolehan dengan menyanyikan lagu berjudul ‘Tuhan’ yang dipopulerkan oleh Bimbo.