Di Depan Hotman Paris, Ayah Vanessa Angel Dicecar Habis Soal Pengawasan Pergaulan Bebas Putrinya


SURATKABAR.ID – Doddy Sudrajat, ayah dari Vanessa Angel, tampak diam dan tertegun sewaktu dicecar pertanyaan soal tanggungjawab seorang ayah dalam mengawasi pergaulan putrinya sehingga bisa terjerumus ke dalam dunia prostitusi. Psikolog Elizabeth Santosa dalam acara Hotman Paris Show di iNews TV Kamis malam (31/01/2019) membombardir ayah Vanessa Angel tersebut.

Melansir TribunNews.com, Jumat (01/02/2019), Psikolog Elizabeth Santosa mencecar Doddy Sudrajat soal di mana fungsi pengawasan Doddy sebagai ayah dalam memonitor pergaulan anak.

“Saya kira, tidak ada hubungan [kasus Vanessa Angel terjerat prostitusi] dengan dia ditinggal meninggal ibunya. Selama anak masih berusia di bawah 18 tahun, itu masih tanggungjawab orangtua,” tandas Elizabeth Santosa.

Mendengar cercaan Elizabeth Santosa, Doddy Sudrajat tertegun sampai memegangi dagunya sewaktu memperhatikan kata-kata sang psikolog.

Doddy mulanya bercerita kepada Hotman Paris Hutapea mengenai bagaimana Vanessa Angel bisa terjerat prostitusi. Dia merasakan sanksi sosial yang diterima keluarga setelah Vanessa terjerat prostitusi sangatlah berat. Doddy ikut terpukul dan malu akibat kasus tersebut. Tiap keluar rumah, ia merasa menjadi pusat perhatian banyak orang sehingga membuatnya risih.

Baca juga: Vanessa Angel Resmi Ditahan, Begini Tanggapan Miris Sang Ayah

Hubungan Ayah-Anak yang Merenggang

Ia juga mengakui, hubungan dirinya dengan Vanessa Angel tidak seberapa dekat karena dua faktor. Pertama dari sisi kebiasaan dan karakter, dia dan Vanessa Angel sangat berbeda. 

“Saya terbiasa hidup rapi, teratur, semua terjadwal dengan baik. Nah, karakter dia (Vanessa Angel) sebaliknya,” beber Doddy Sudrajat mengenang masa-masa Vanessa Angel masih usia belasan.

Faktor kedua, Vanessa Angel mulai menjauh dari dirinya semenjak ditinggal meninggal ibundanya. Sejak itu, hubungan keduanya tak lagi dekat dan malah serasa ada jarak.

Awalnya, sang ayah ikut senang sewaktu Vanessa Angel dipacari rekan sesama artis, yakni Dwi Andika. Namun setelah putus, Vanessa Angel kenal dengan seorang cowok di Facebook di usia 16 tahun. Menurut Doddy, perkenalan dengan cowok di Facebook inilah menjadi titik awal Vanessa Angel masuk dalam pergaulan yang terlalu bebas.

“Pertama dia bawa cowok itu ke rumah, dikenalkan dengan saya, saya sudah punya feeling tak enak. Attitude-nya pada orangtua kurang baik,” ungkap Doddy Sudrajat blak-blakan.

Ia melanjutkan, sang cowok itulah yang sering membawa pergi Vanessa Angel keluar malam, sampai suatu saat pernah pulang jam 02.00 pagi dini hari.

Sebagai ayah, Doddy mengakui sempat mengomeli dan mengingatkan putrinya agar tidak mengulangi lagi keluar malam bersama cowok, apalagi sampai pulang larut. Namun Vanessa Angel sulit dinasehati dan semakin liar. Puncaknya, pada usia 16 tahun Vanessa Angel kabur dari kediaman orangtuanya.

“Akhirnya dia putus dengan cowok yang kenal di Facebook itu setelah berhubungan selama 2,5 tahun. Vanessa dipukul dan disundut rokok,” beber sang ayah yang berusia 47 dan berkacamata tersebut.

Di Mana Tanggungjawab Orangtua?

Penuturan Doddy Sudrajat soal masa lalu Vanessa di masa remaja yang membuatnya terjerumus dunia prostitusi itulah yang lantas mendapat cercaan dari psikolog Elizabeth Santosa. Elizabeth Santosa lantas mempertanyakan fungsi pengawasan orangtua.

Ia menilai Doddy Sudrajat terlalu dini membiarkan anak bergaul bebas. Alasan ibundanya meninggal dunia sehingga Vanessa Angel seolah kehilangan figur tak bisa dia terima. Menurutnya, masalah ikatan dalam hubunganlah (bonding) yang menjadi akarnya.

“Saya kira ini semua masalah bonding. Masalah kedekatan hubungan antara ayah dan anak,” ujarnya.

Elizabeth Santosa menyimak serius cerita Doddy kalau Vanessa Angel kabur dari rumah pada usia 16 tahun, karena tak kuat dengan nasihat-nasihat Doddy yang melarang keluar malam bersama cowok dan hidup teratur dan disiplin seperti ayahnya.

Menurut Elizabeth, Doddy kurang tegas menyikapi masalah pergaulan putrinya.

“Selama anak masih di usia di bawah 18 tahun, itu masih tanggungjawab orangtua lho,” tegas Elizabeth kepada pria berpenampilan klimis rapi tersebut pada Hotman Paris di depan presenter Lolita Agustine.

Sementara itu, Vanessa Angel dirawat intesif di ruang rawat Inap Anggrek 04 Rumah Sakit Bhayangkara H.S Samsoeri Mertojoso Polda Jatim, Kamis (31/01/2019) setelah dirinya di periksa Polda Jatim. Kondisi kesehatan Vanessa Angel kini semakin membaik usai jatuh pingsan disela-sela pemeriksaan sebagai tersangka UU ITE Pasal 27 Ayat 1 mengenai penyebaran konten panas di jaringan prostitusi online.

Vanessa Angel ditahan hingga 20 hari ke depan atas kasus pelanggaran UU ITE Pasal 27 Ayat 1 mengenai keikutsertaannya dalam jaringan prostitusi online. Ditahannya Vanessa Angel tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

“Terhitung hari ini sampai 20 hari ke depan,” ungkap Barung Mangera.

Sebelumnya, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim resmi menahan artis Vanessa Angel pada Rabu (30/01/2019) sore.

“Pada siang hari ini, tanggal 30 Januari 2019, terhitung mulai pukul 15.00 WIB, administrasi penyidikan terhadap penerbitan Surat Perintah Penahanan sudah kita lakukan penyiapan,” beber Kombes Pol Frans Barung Mangera kepada pers.