Dana Kampanye Kubu Prabowo Capai Rp 99,7 M, Sandiaga Sumbang Rp 63,3 M!


SURATKABAR.ID – Per 29 Januari 2019 Selasa kemarin, dana kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mencapai Rp 99,7 Miliar.

“Yang dimulai sejak ditetapkan paslon (pasangan calon) capres-cawapres 23 September 2018 hingga 29 Januari 2019, penerimaan Rp 99,7 miliar. Kami harus sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendukung perjuangan kami,” tutur Wakil Bendahara BPN Satrio Dimas di Media Center BPN, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (31/09/2019). Demikian dikutip dari reportase Kompas.com, Jumat (01/02/2019).

Sampai saat ini, sumbangan terbesar masih berasal dari Sandiaga dan Prabowo. Sandiaga tercatat menyumbang dana kampanye sebesar Rp 63,39 miliar, sedangkan Prabowo Rp 34,45 miliar.

Adapun sumbangan dari perorangan mencapai Rp 203,1 juta. Sementara itu, sumbangan dari kelompok Rp 223,2 juta. Sedangkan sisanya merupakan bunga bank yang diperoleh dari tabungan.

Sumbangan dari kelompok dan perorangan tersebut ada yang ditransfer melalui rekening BPN. Sementara yang lainnya langsung diserahkan secara tunai.

Baca juga: Sandiaga Saat Jenguk Ahmad Dhani: Hukum Dipakai Memukul Lawan

Lebih lanjut, untuk pengeluaran Prabowo-Sandiaga saat kampanye di seluruh daerah totalnya mencapai Rp 83,2 miliar.

“Kita bisa lihat selama empat bulan kami menjalankan kegiatan kampanye, kurang lebih setiap bulan hampir 25 miliar. Atau rata-rata hari kerja operasi, kampanye, pengeluaran mencapai Rp 1 miliar per hari. Itu untuk semua rangkaian kegiatan kampanye kami,” tukasnya kemudian.

Makin Banyak yang Menyumbang

Melansir Detik.com, Sandiaga menuturkan sumbangan kampanye untuknya dan Prabowo terus meningkat pada setiap kegiatan kunjungan ke berbagai daerah.

“Saya lihat semakin hari semakin banyak yang menyumbang dan kita bersyukur bahwa ini adalah sebuah hal yang berbeda sekali. Bahwa politisi biasanya nyawer, kalau sekarang kita yang diberi amplop, plastik, atau besek yang isinya sumbangan dana perjuangan,” demikian Sandiaga bercerita di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Kamis (31/01/2019).

Mantan Wakil Gubernur Jakarta itu lantas memberi contoh ada guru honorer yang menyumbangkan sebagian gajinya. Ada juga seorang anak bernama Salman Alfarisi yang memberikan seluruh uang di celengannya.

“Kami berkomitmen untuk mengumumkan laporan tiap akhir bulan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas. Bahwa kalau kita kerja keras, masyarakat akan berpartisipasi dan memberikan dukungan kepada kita,” imbuh Sandiaga kemudian.

Menurut pengakuannya, sudah menyelesaikan kampanye di 1.001 titik sampai hari ini. BPN memperkirakan 1.500 titik dapat dijangkau Sandiaga pada akhir Maret atau awal April.

“Saya baru saja menyelesaikan titik saya yang ke-1.001. Jadi kalau terus Pak Dahnil dan teman-teman BPN tugaskan saya turun ke bawah, mungkin 1.500 akan tercapai di akhir Maret atau awal April menurut perkiraan kita,” pungkas Sandiaga.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.